UNAS Jalin Kerjasama Internasional dengan Kogakuin University, Jepang

Jakarta (UNAS) – Universitas Nasional baru saja menjalin kerjasama internasional dengan Kogakuin University jepang pada Selasa 17 April 2018. Kerjasama tersebut dituangkan dalam Memorandum of Understanding (MoU) yang dilakukan bersamaan dengan program tahunan Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komputer Indonesia (APTIKOM) yang diisi dengan kegiatan Joint International Conference pada Senin-Minggu (16-22/18)

Kegiatan ini dihadiri 44 peserta dari 26 Perguruan tinggi dibawah naungan APTIKOM Termasuk Universitas Nasional. Juga didukung oleh beberapa Perguruan Tinggi yaitu Universitas Gunadarma, Universitas Komputer Indonesia, Universitas Dian Nuswantoro, Perguruan Tinggi Raharja, STT Bandung, BSI, Universitas BSI Bandung dan STMIK Nusa Mandiri Co Host.

Dalam penandatanganan tersebut, UNAS diwakili Dosen Teknik Informatika Septi Andryana S.Kom., M.M.S.I. Ada tiga poin dalam kerjasama tersebut yaitu terkait pertukaran anggota fakultas dan rekan peneliti, pembentukan kelompok mahasiswa pascasarjana mengunjungi Universitas Kogakuin sebagai pertukaran budaya dalam waktu 2 tahun untuk pertukaran pelajar, dan pertukaran materi akademik, publikasi, dan informasi.

Kerjasama ini akan ditindaklanjuti dengan melakukan diseminasi dengan KKI kepada lingkungan UNAS. “Dalam waktu dekat Kantor Kerjasama Internasional akan mengadakan diseminasi ke mahasiswa dan fakultas,” ungkap Septi saat dihubungi humas UNAS.

Selain penandatangan MoU, kunjungan Septi di Jepang juga dilanjutkan dengan program Cross Culture yaitu program pertukaran budaya selama 3 hari 2 malam bersama host family. Septi juga mensubmit dua paper dari disertasi dan penelitian stimulus yang nantinya dipublikasi di “APTIKOM Journal On Computer Science and Information Technology”. (*DMS)