Tingkatkan Kualitas Pembelajaran, IWM Adakan Training Penyusunan RPS Bersama BAA

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Tingkatkan Kualitas Pembelajaran

Jakarta (UNAS) –Inkubator Wirausaha Mandiri mengadakan Training of Trainer Penyusunan Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) Pembelajaran MKDU Kewirausahaan bersama dengan Biro Administrasi Akademik pada Rabu (3/8). Kegiatan yang digelar di Ruang Rapat Cyber Universitas Nasional bertujuan untuk memberikan pengarahan kepada dosen pengampu matakuliah kewirausahaan untuk membuat Rencana Pembelajaran Semester dengan Kurikulum MBKM.

“Pada dasarnya kami dari pengampu kewirausahaan itu mau belajar membuat RPS yang benar, karena supaya kedepan semua dosen harus membuat RPS dan akan dikombinasikan dengan kurikulum MBKM. Ini yang membedakan penulisan RPS dari sebelumnya”, jelas Kepala UPT Wirausaha Mandiri Universitas Nasional Dr. Drs. Suadi Sapta Putra, M.Si.M.

Kegiatan pelatihan penyusunan RPS mengundang Badan Pengembangan Kurikulum UNAS Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., dalam materinya ia menjelaskan bahwa UNAS mengikuti anjuran pemerintah untuk menerapkan kurikulum OBE.

Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., saat memberikan arahan terkait RPS.

“Sekarang pemerintah sudah mengeluarkan kebijakan bahwa semua perguruan tinggi harus menggunakan OBE (Outcome Based Education) jadi mau tidak mau RPS harus di redesign dengan kebutuhan sekarang ini yaitu dengan menggunakan OBE, KKNI dan Program MBKM”, paparnya dalam pelatihan.

Dengan begitu dalam pengukuran CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan) bisa mempermudah dosen dalam memberikan materi dan penilaian kepada mahasiswa.

“Jadi bapak ibu bisa menilai mahasiswa berdasarkan tugas, uts dan uas, selain itu dengan dalam CPL harus ada penilaian sikap dan keterampilan baik dalam mata kuliah umum maupun khusus. Dan kemampuan mahasiswa seperti magang juga ada di CPL. Nantinya  di setiap minggunya juga bisa diberikan nilai dari tugas lanjutan”, tambah Heni.

Rencana Pembelajaran Semester merupakan bagian dari perangkat kurikulum yang harus tersedia pada setiap Matakuliah. RPS menjadi panduan dalam pencapaian CPMK (Capaian Pembelajaran Matakuliah) dan merupakan instrumen dalam pengukuran CPL (Capaian Pembelajaran Lulusan)

Tidak hanya dosen pengampu matakuliah Kewirausahaan, kegiatan training of trainer dihadiri oleh dosen pengampu mata kuliah umum seperti Agama, Kewarganegaraan, Pancasila dan Anti Korupsi. (TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!