Tadabbur Alam HIMMASTA Nurul Ilmi UNAS

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Tadabbur Alam HIMMASTA Nurul Ilmi

Mandalawangi (UNAS) – Mengisi waktu liburan semester dengan kegiatan positif merupakan hal baik, seperti yang dilakukan oleh  Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Himpunan Mahasiswa Masjid Sultan Takdir Alisjahbana (HIMMASTA) Nurul Ilmi  UNAS mereka melakukan kegiatan Tadabbur Alam pada 4 – 5 Juni 2022 yang berlokasi di Bumi Perkemahan Mandalawangi (Mandalawangi Campground) Jawa Barat.

Dengan bertema “Mengenal Ciptaan Allah Lebih dekat bersama Himmasta.” .Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan rasa syukur kepada Allah SWT.  Ketua Umum Himmasta Nurul Ilmi, Wildan Sabiq Aula mengatakan, “bahwa kegiatan tadabbur alam merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap periode oleh LDK Himmasta, namun demikian output yang diharapkan dari kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi dan emosional antara pengurus dan anggota umum, dimana disini kita sama-sama belajar”.

Ketua Bidang Keputrian Himmasta Nurul Ilmi, Salsya Putri Tell Aviv Nirahua mengatakan, “bahwa dengan adanya kegiatan ini sebagai bentuk perenungan dari tiap individu dalam mengenal dirinya dan mengenal akan kebesaran tuhannya. saya berharap semoga kegiatan ini dapat membantu teman teman mahasiswa dalam proses berorganisasi dan menumbuhkan keimanan dan ketakwaan dalam diri”.

Tadabbur alam tahun ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Mandalawangi (Mandalawangi Campground) yang terletak di Cibodas, Cianjur, Jawa Barat. Selain pemandangan Gunung Gede Pangrango yang indah, tempat ini dipilih karena dekat dengan wisata Curug Cibereum, yang mana merupakan destinasi kedua yang akan dikunjungi.

Agenda pertama, yakni sharing section bersama Ust. Ferry Nur selaku alumni dari LDK HIMMASTA Nurul Ilmi. Berikutnya, dilanjutkan agenda bersih-bersih dan sholat ashar berjamaah di area camp. Setelah shalat ashar dan kegiatan bersih-bersih, para mahasiswa melakukan agenda berikutnya yaitu susur hutan (Around Camp).

Dimana para Mahasiswa LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi memasuki hutan di wilayah sekitar camp Mandalawangi dipandu oleh Kak Indah selaku instruktur susur hutan (Around Camp). Tujuan dari susur hutan agar mahasiswa dapat belajar mengenali berbagai jenis tanaman dan hewan yang ada serta beradaptasi dengan kondisi hutan yang lembab dan minim pencahayaan.  Acara susur hutan berlangsung mulai pukul 17.30 WIB dan berakhir pukul 18.30 WIB.

Ketua Pelaksana Katumbar Putri Nur Tatroman menyampaikan “bahwa pada perjalanan susur hutan (around camp) terlihat dengan sangat indah pemandangan gunung Gede Pangrango, hal ini seperti yang dijelaskan dalam alquran surat al-ghasyiyah:19  yang artinya dan gunung-gunung bagaimana ia ditegakkan”?  Masya allah tiada yang dapat menandingi akan penciptaan Allah, perjalanan susur hutan mungkin sedikit membuat saya dan teman-teman lainya takut karena ini merupakan perjalanan pertama kami. menjaga alam dan mensyukuri setiap nikmat yang diberikan oleh Allah. serta dapat terus mempelajari dan mentadabburi al quran dan alam.

Setelah acara susur hutan, mahasiswa melaksanakan bersih-bersih dan Sholat Maghrib berjamaah dilanjutkan dengan tilawah bersama dan Sholat Isya berjamaah. Sesudah sholat dan makan malam para peserta beristirahat di tendanya masing-masing.

Dihari kedua Mahasiswa LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi UNAS melakukan kegiatan Shalat Qiyamul Lail dan muhasabah pada pukul 02.00 WIB yang dipandu oleh Sekretaris Jenderal LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi, Haryo Atthariq. Setelah Shalat Qiyamul Lail dan Muhasabah, dilanjutkan dengan kegiatan _Post to Post yaitu pelatihan interaktif secara langsung tentang beberapa pembahasan.

Sekretaris Jenderal LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi, Haryo Atthariq Amhar mengatakan “bahwa kegiatan post to post ini sangat bermanfaat bagi para peserta sebagai bekal mereka dalam menjalankan kegiatan berorganisasi”. Setelah materi di hari kedua, Mahasiswa LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi menuju Curug Cibeureum. Di Curug Cibeureum ini Mahasiswa diberikan kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas seperti bermain air, berfoto, dan berdiskusi.

Setelah selesai aktivitas di Curug Cibeureum, Mahasiswa LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi kembali ke camp untuk melakukan persiapan pulang. Dan setelah persiapan pulang selesai para mahasiswa LDK Himmasta Nurul ‘Ilmi kembali menuju Universitas Nasional dan sampai pada pukul 20.45 WIB. Setelah dilakukan acara penutupan dan doa bersama para mahasiswa kembali ke rumahnya masing-masing.(*)

Berita Terbaru
Chat with Us!