Siap Menuju Akreditasi Unggul, UNAS Perkuat Tata Kelola dan Integrasi Data

Jakarta – Universitas Nasional (Unas) mulai memperkuat tata kelola dan data perguruan tinggi sebagai upaya menyiapkan diri menuju akreditasi unggul di masa mendatang. Penguatan menuju akreditasi unggul dilakukan melalui kegiatan penyamaan persepsi akademik dengan melibatkan seluruh sivitas akademika Unas.

Kegiatan yang mengangkat tema “Peningkatan Tata Kelola dan Integrasi Data Menuju Akreditasi Unggul” ini dilaksanakan di Gedung Auditorium Unas, Rabu (26/1) dan dihadiri oleh para pimpinan Universitas, Fakultas, Program Studi, Kepala Badan dan Biro di lingkungan Unas.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M., mengemukakan penyamaan persepsi akademik penting dilaksanakan agar semua komponen sivitas akademika di lingkungan UNAS memiliki kesamaan persepsi untuk mengutamakan pencapaian universitas menuju akreditasi unggul.

Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.,
Dr. Suryono Efendi, S.E., M.B.A., M.M.,

“Acara hari ini dilaksanakan sebagai bentuk dukungan kita semua untuk bisa menyamakan persepsi di bidang akademik dan bidang yang lain dalam menuju sinkronisasi data antara Unas dengan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi  (LLDIKTI) dalam rangka memperbaiki tata kelola dan dalam menuju universitas yang unggul,” ujarnya.

Ia juga menginginkan bahwa bukan hanya perguruan tinggi yang unggul tetapi juga dalam segala bidang termasuk akreditasi prodi di lingkungan Unas. “Oleh karena itu, persamaan persepsi ini adalah awal yang baik bagi kita sebagai perguruan tinggi,” ucap Suryono yang juga sebagai Ketua Panitia.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Nasional Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A. menyampaikan bahwa sebagai perguruan tinggi Unas harus sudah mulai untuk mengintegrasikan data supaya mencapai unggul. El Amry juga menargetkan bahwa pada tahun 2025 Unas mencapai 10 besar perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia.

“Untuk itu hal hal yang berkaitan dengan data perlu kita perbaiki, untuk itu kita sudah mendatangkan pihak LLDIKTI untuk membimbing kita agar data yang di Unas sinkron dengan data yang ada di pangkalan data,” katanya.

Baca Juga :   MoU Unas dan Kemendagri RI di Hari Kelahiran Pancasila

Di akhir sambutannya, El Amry juga mengingatkan kepada seluruh sivitas akademika Unas untuk sama-sama bekerja keras membangun Unas guna mencapai tujuan yang diinginkan

Pada kegiatan ini diisi oleh materi-materi. Ada empat sesi pemberian materi oleh para narasumber. Sesi pertama diisi paparan tentang tata kelola pangkalan data Dikti oleh Kepala Pusat Data, Sistem Informasi dan Kerjasama LLDIKTI Wilayah 3 Jakarta Noviyanto, S.T., MMSI. Pada sesi kedua, pemberian materi tentang strategi peningkatan tata kelola administrasi akademik oleh Kepala Biro Administrasi Akademik Unas Dra. Sri Handayani, M.Si., dan strategi perencanaan dan implementasi kurikulum MBKM oleh Kepada Badan Pengembangan Kurikulum Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom.

Sesi berikutnya penjelasan tentang strategi peningkatan tata kelola sumber daya manusia oleh Kepala Biro Administrasi Sumber Daya Manusia, Ir. Tri Waluyo, M.Agr., dan strategi peningkatan tata kelola administrasi kemahasiswaan dan alumni Oleh Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan dan Alumni Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si.

Dan sesi terakhir pemaparan materi tentang strategi peningkatan tata kelola sistem informasi oleh Kepala Bidang Internal & Eksternal Service Sutikman, S.T., M.Kom., strategi  peningkatan tata kelola penjaminan mutu Unas oleh Kepala Badan Penjaminan Mutu Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. dan strategi peningkatan akreditasi program studi dan institusi, oleh Anggota Majelis Akreditasi BAN-PT Dr. Retno Widowati, M.Si. (*DMS)

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!