Seminar Nasional HIMAJIP, Partisipasi Politik Menuju Pemilu Serentak 2024

Jakarta (UNAS) – Himpunan mahasiswa jurusan Ilmu Politik (HIMAJIP) Universitas Nasional melaksanakan seminar nasional dengan mengusung tema “Partisipasi Politik : Meningkatkan Peran Pemilih Pemula Menuju Pemilu Serentak 2022”. Kegiatan yang diadakan pada Kamis (26/1) dihadiri beberapa narasumber diantaranya Yusuf Wibisono, S.IP., M.SI.  (Dosen Ilmu Politik Universitas Nasional), Ranto, S.IP.,M.A (Dosen Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung), August Mellaz, S.IP (Komisioner KPU RI), Dan Taufik Nurohman, S.IP.,M.A (Dosen Ilmu Politik Universitas Siliwangi).

Seminar yang dibuka oleh Dekan Fakultas FISIP Universitas Nasional, Dr. Erna Ermawati Chotim, M.SI., ia menyampaikan bahwa pemuda memiliki peran penting untuk terselenggaranya pemilu yang akan diadakan pada 2024. “Pemuda memiliki peran yang sangat penting dalam setiap perubahan yang terjadi di negeri ini, termasuk dengan mensukseskan pemilu 2024 mendatang”, ungkap erna, saat memberikan sambutan.

Pada seminar Nasional ini membahas empat fokus materi diantaranya : Melihat Sikap Politik Pemilih Pemula Di Wilayah Tambang Dan Kepulauan Bangka Belitung, Literasi Digital Dan Peningkatan Pengetahuan Pemilih Pemula Jelang Pemilu 2024, Meningkatkan Peran pemilih Muda Menuju Pemilu Serentak 2024 serta Upaya Pencegahan Apatisme Politik Pemilih Pemula.

Ranto, S.IP.,M.A (Dosen Ilmu Politik Universitas Bangka Belitung), dalam presentasinya menceritakan kenyataan tentang partisipasi politik yang terjadi di kepulauan bangka Belitung. Ranto mengungkapkan bahwa Pengiring sikap pemilih pemula di kepulauan bangka Belitung banyak dipengaruhi oleh tokoh agama.

Pada kesempatan yang sama, Komisioner KPU RI August Mellaz, S.IP berpesan bahwa  Generasi muda yang memiliki karakter melek teknologi, diharapkan dapat menjadi aktor dalam memfilter berita hoax ataupun ujaran kebencian kepada masyarakat. “Pemilih Pemula memang merupakan bagian terpenting dari sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik 2021, jumlah Pemilih Pemula saat ini sekitar 64,90 juta jiwa atau 23,90% dari total jumlah penduduk Indonesia. Dengan jumlah Pemilih Pemula yang sangat banyak tentunya suatu negara tidak dapat terlepas dari peran Pemilih Pemula sebagai pemegang estafet penerus pembangunan suatu negara.” Katanya.

Baca Juga :   Studium General

Oleh karena itu dalam pembahasannya KPU melakukan beberapa upaya meningkatkan peran pemilih muda salah satu dengan mengadakan Seminar Nasional seperti ini selain itu, KPU juga mengoptimalisasikan peran pemuda untuk terlibat sebagai penyelenggara pemilu.

Sementara itu, Taufik Nurohman, S.IP.,M.A selaku Dosen Ilmu Politik Universitas Siliwangi lebih banyak menyoroti tentang bagaimana memahami Literasi digital. “Memahami literasi digital adalah dengan Bagaimana seseorang memiliki kemampuan dan pengetahuan terkait penggunaan teknologi digital.  Berdasarkan Sumber : APJII, Juni 2022 tingkat pengguna internet tertinggi ada pada rentan usia 13 – 18 tahun sebanyak 99,16% dan 19-34 tahun sebanyak 98,64%.  Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa pemilih pemula menjadi sasaran yang sangat potensial untuk pemilu 2024 yang akan dating”, ungkapnya.

Hadir sebagai Narasumber penutup Yusuf Wibosono, S.IP., M.SI selaku Dosen Ilmu Politik Universitas Nasional memberikan gagasannya tentang upaya pencegahan apatisme politik untuk pemilih pemula. Menurut Yusuf, Partai politik sebagai pilar demokrasi merupakan pihak yang paling bertanggungjawab dalam proses pendidikan Pemilu yang bersih bagi pemilih pemula, Para peserta Pemilu mesti bersepakat untuk menyelamatkan generasi muda dari resistensi Pemilu yang tidak jujur; Penyelenggara, media, pemerintah serta pengawas Pemilu juga perlu melakukan kampanye secara masif terkait pemilu bersih bagi pemilih pemula. (TIN)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!