Selenggarakan Workshop Penyusunan RPS, BPK Harap Fakultas Mampu Mendesain Pembelajaran Dengan Inovasi

Jakarta (UNAS) – Badan Pengembangan Kurikulum (BPK) menyelenggarakan Workshop Penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi Fakultas Ilmu Kesehatan UNAS pada Selasa (10/1) di Ruang Seminar Lt 3 Blok 1 Universitas Nasional. Kegiatan ini adalah memberikan pengarahan kepada dosen di Fakultas Ilmu Kesehatan Unas untuk penyusunan dan mendesain RPS yang inovatif dengan Case Based dan Project Based Learning sesuai dengan pengalaman kasus-kasus yang ada di Rumah Sakit.

Kepala Badan Pengembangan Kurikulum, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., mengatakan bahwa tujuan dari redesign RPS adalah untuk menyelaraskan kurikulum melalui pendekatan OBE. “Penyususan dan redesign RPS melalui pendekatan OBE sesuai dengan sistem yang ada di Universitas Nasional jadi penyusunan RPS harapannya, dosen akan mampu merancang inovasi sesuai dengan SN-Dikti dengan pendekatan OBE (Outcome Based Education)”, paparnya.

Kepala Badan Pengembangan Kurikulum, Dr. Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., saat memberikan materi dalam workshop penyusunan RPS dihadapan para dosen Fikes UNAS.

Ia melanjutkan sebagai hasil akhir dalam workshop, dosen mampu dalam menguasai penyusunan RPS baik dan sesuai dengan yang ditetapkan dari Kemendikbud. “Dalam kesempatan ini diharapkan peserta yaitu bapak ibu dosen mampu dalam merevisi Capaian Pembelajaran (CPL), merevisi Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK), merevisi Sub Capaian pembelajaran mata kuliah (CPMK), memahami Korelasi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) terhadap Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dan menyusun desain pembelajaran”, katanya.

Menurutnya, dalam penyusunan RPS, dosen mampu mengidentifikasi CPL dan yang dibebankan kepada mahasiswa dan mengajarkannya selaras menjadi CPMK ke Sub CPMK. “Selanjutnya dosen menganalisis kebutuhan belajar mahasiswa sesuai dengan karakternya lalu merumuskan kinerja hasil belajar mahasiswa sesuai dengan indikator dan penilaian”, imbuhnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Dr. Retno Widowati, M.Si., berharap dengan adanya pelatihan dosen dapat merancang pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang digunakan. “Dosen memiliki pemahaman dalam penulisan rps sesuai dengan kurikulum saat ini”, pungkasnya.

Baca Juga :   SEMINAR UMUM FAKULTAS EKONOMI

Sebelumnya, BPK juga telah melaksanakan Workshop Penyusunan RPS bersama Fakultas Biologi pada Kamis (5/1) yang dihadiri oleh Dekan Fakultas Biologi Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si., dan para dosen. (TIN)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!