Prodi Bahasa Korea Tandatangani MoU Kerjasama dengan Seoul National University Social Responsibility Dalam Kegiatan PKM

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Guna mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Program Studi Bahasa Korea, Fakultas Bahasa dan Sastra Universitas Nasional menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) bersama dengan Seoul National University Social Responsibility untuk lakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat pada Jumat (2 /12) di Ruang Korean Corner UNAS.

Ketua Program Studi Bahasa Korea Fahdi Sachiya, S.S., M.A., mengatakan bentuk kerjasama Prodi Bahasa Korea dengan Seoul National University Social Responsibility (SNUSR) adalah untuk memberikan pengajaran dan pendidikan terkait persiapan pengujian Bahasa Korea.

“Kerjasama yang dilakukan, mengirimkan 2 orang dosen Program studi dan 6 mahasiswa untuk melakukan pengajaran, pendidikan, dan pengabdian masyarakat universitas daerah lombok. Dosen-dosen program studi memberikan pengajaran dan pendidikan terkait persiapan pengujian bahasa korea (EPS TOPIK) dan (Bahasa Korea pariwisata). 6 orang mahasiswa menjadi penerjemah untuk mahasiswa dan TIM dari Seoul University Social Responsibility, serta akan melakukan penampilan budaya korea di depan seluruh peserta dan TIM di Lombok pada bulan Februari 2023 mendatang”, katanya pada Tim Humas.

Ketua Program Studi Bahasa Korea Ketua Program Studi Bahasa Korea Fahdi Sachiya, S.S., M.A., tengah melakukan penanda tanggan MoU.

Kerjasama Prodi Bahasa Korea dengan SNUSR yang berlangsung selama satu tahun tersebut meliputi tugas dari Program Studi Bahasa Korea dalam hal pemilihan dan merekomendasikan dosen dan mahasiswa untuk membantu TIM SNUSR dalam memberikan pengajaran dan pendidikan juga sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat yang saat ini akan dilangsungkan di Lombok.

“Nantinya Dosen bersama Tim dari SNUSR akan memberikan pelatihan kepada peserta yang ada di Lombok, kemudian mahasiswanya akan melakukan penerjemahan/ interpreter dari Tim SNUSR kepada peserta maupun sebaliknya, kita akan menjadi guide mereka juga”, tambahnya.

Fahdi berharap Kerjasama yang berlangsung pada Oktober 2022 hingga Februari 2023 tersebut dapat berjalan dengan lancar, sehingga sebagai pilot kegiatan Program Studi Bahasa Korea dianggap mampu dan cakap dalam mensukseskan kegiatan dan masyarakat Lombok dapat termotivasi.

“Harapan kami terkait kerja sama ini, yang pertama pilot program ini berjalan dengan lancar dan sukses, sehingga Program Studi bahasa Korea universitas Nasional, sebagai partner dalam kegiatan ini dianggap mampu dan cakap dalam mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut. Kedua, semoga kegiatan baru dapat dilakukan dengan lingkup yang lebih luas, bukan hanya dengan Prodi Bahasa Korea saja, melainkan dengan prodi lain di lingkungan Universitas Nasional. Ketiga, semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat dan motivasi kepada masyarakat Lombok yang mendapatkan kesempatan ini”, paparnya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Bahasa dan Sastra Dr. Drs. Somadi Sosrohadi, M.Pd mendukung penuh kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Prodi Bahasa Korea dengan Seoul National University Social Responsibility. “ Pertama-tama kami sangat mendukung dan merasa senang karena dapat bekerjasama dengan salah satu TIM Social Responsibility bagian dari Universitas terbaik di korea Selatan. Kegiatan ini merupakan kegiatan diluar Universitas yang nantinya Dosen dan Mahasiswa akan melakukan praktek lapangan”, tutup Somadi. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!