Peringati Bulan Sehat, Fikes Adakan Kegiatan Sosial dan Latihan Kepemimpinan

Jakarta (UNAS) – Dalam rangka memperingati bulan sehat dan memperingati hari tuberkulosis, Fakultas Ilmu Kesehatan melalui Himpunan Mahasiswa Keperawatan (Himakep) mengadakan kegiatan sosial bertajuk “Generasi Sehat Peduli Remaja”. Adapun rangkaian dalam kegiatan ini yaitu senam sehat, periksa kesehatan gratis dan membagikan-bagikan masker di pinggir jalan.

“Dalam memperingati bulan sehat ini, kita mengajak para remaja untuk peduli terhadap kesehatan mereka dan perlu bagi mereka menjaga kesehatan dari sekarang sehingga mencegah beberapa penyakit saat mereka tua nanti,” Ujar Ketua Pelaksana Sofi Aryani Sugih Rahayu saat ditemui disela-sela acara di Ruang Teater blok 3 lantai 4 Universitas Nasional (UNAS), Sabtu (24/3).

Menurutnya, remaja sebagai generasi penerus bangsa harus memahami maupun membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat baik dilingkungan rumah maupun dilingkungan kampus. “Dalam kegiatan ini, remaja menjadi sasaran karena banyak para remaja yang kurang paham memahami betapa pentingnya hidup sehat seperti kurang berolahraga dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat,” ucapnya.

Ia menambahkan, dalam menjalani pola hidup sehat perlu komitmen yang tinggi jangka panjang yang terbentuk dari aktifitas sehari-hari yang berulang-ulang sehingga nantinya akan menjadi kebiasaan. Oleh sebab itu, para remaja harus merencanakan pola hidup sehat dari sekarang agar terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan.

Selain mengadakan senam sehat, periksa kesehatan gratis dan membagikan-bagikan masker, Himakep juga mengadakan Latihan Kepemimpinan Manajemen Mahasiswa (LKMM). LKMM merupakan program kerja Himakep divisi pendidikan dan penelitian yang diadakan tiap periode, untuk membentuk karakter kepemimpinan dan membangun budaya team work dalam kepengurusan organisasi kemahasiswaan. Selain itu, melalui LKMM ini kader juga dipersiapkan untuk menjadi Pengurus Harian Nasional di Ikatan Lembaga Mahasiswa Keperawatan Indonesia (ILMIKI).

ILMIKI adalah organisasi mahasiswa tingkat nasional yang beranggotakan lembaga kemahasiswaan ilmu keperawatan di Indonesia, Himakep sendiri adalah anggota tetap ILMIKI sejak tahun 2017. “Himakep adalah anggota tetap ILMIKI yang turut menyumbangkan buah pikiran nya dan berkontribusi langsung dalam setiap kegiatan ILMIKI. Untuk itu kami harus mengadakan pelatihan kepemimpinan supaya ada perwakilan dari Himakep UNAS yang menjadi Pengurus Harian Nasional di ILMIKI,” Ungkap Ketua Himakep Eliadda Daeli.

Setelah melalui LKMM proses kaderisasi berlanjut ke Latihan Kepemimpinan Dua (LK2) yang skalanya regional kemudian Latihan Kepemimpinan Tiga (LK3) yang tingkatan nya Nasional. Menurut Eliadda tahapan tersebut sesuai dengan prosedur dari ILMIKI tentang pengkaderan dan setiap organisasi kemahasiswaan yang menjadi anggota tetap  ILMIKI wajib mengikuti peraturan yang telah ditetapkan.(*DMS)