Pandan Laut Mampu Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Tepi Pantai

Bio Coffee Talk: Mengenal Pandan Laut dan Manfaatnya

Jakarta(UNAS)- Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA FABIONA) bekerjasama dengan Fakultas Biologi Universitas Nasional menyelenggarakan Bio Coffee Talk dengan tema “Mengenal Pandan Laut dan Manfaatnya” secara hybrid, di Menara UNAS I, Jl. RM Harsono Ragunan, Ruangan Lt.3 dan online melalui aplikasi zoom pada Sabtu (10/09/2022).

Wilayah Indonesia menjadi Negara yang memiliki keanekaragaman hayati yang terbanyak di dunia, dengan keragaaman ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masayarakat, salah satu yang mampu dimanfaatkan oleh masyarakat adalah pandan, tanaman yang sudah dikenal oleh sebagian masyarakat ini banyak dipakai untuk kerajinan tanggan.

Drs.Ikhsan Matondang, M.Si., saat mempresntasikan materi diacara Bio Coffee Talk yang diselenggarakan oleh Fakultas Biologi Unas dan IKA Fabiona.

Pandan sendiri merupakan anggota dari suku pandan-padanan (Pandanaceae), terutama dari marga Pandanus, Marga pandanus tercatat memiliki anggota sekitar 700 jenis dan di tanah Jawa diperkirakan terdapat 16 jenis, dari sekitar 700 jenis tersebut, salah satunya adalah jenis pandan laut (Pandanus tectorius Park).

Pandan laut (Pandanus tectorius Park.) merupakan tumbuhan tepi pantai yang penyebaran tumbuhan ini ada di seluruh pantai Indonesia. Tumbuhan ini berhabitus pohon yang tingginya 3-7 m, bercabang kadang-kadang batang berduri dengan akar tunjang sekitar pangkal batang.

Batang pandan laut berwarna abu-abu, diameter 9,1-14 cm dan memiliki lentisel. Daun tunggal bentuk pita panjang 2-3 m dan lebar 8-12 cm ujung runcing dan tepi daun memiliki duri. Bunga warna merah ungu, terletak pada ujung batang, benang sari banyak, formasi seperti payung. Buah letaknya terminal atau lateral, soliter atau berbentuk bulir atau malai yang besar. Buah seperti buah nanas, ketika masak berwarna kuning jeruk.

Pengajar Fakultas Biologi Universitas Nasional, Drs.Ikhsan Matondang, M.Si., mengungkapkan pandan laut memiliki fungsi ekologi untuk menahan abrasi pantai, mengurangi dampak pasang terhadap ekosistem darat, mitigasi tsunami dan memberi dampak meminimalisir kerusakan pada daerah di belakang vegetasi pandan laut.

Baca Juga :   Berikan Pelatihan Olah Aneka Produk Pertanian, Dosen Faperta Laksanakan PKM di Desa Walangsari, Sukabumi

“Daun tanaman pandan laut merupakan bahan untuk pembuatan tikar, kerajinan tangan, bahan atap rumah. Batang digunakan untuk konstruksi rumah, buah dikonsumsi dan untuk ramuan parfum sedangkan bunga jantan untuk karangan bunga, masyarakat Kiribati menggunakan daun sebagai bahan untuk mengobati demam/flu, hepatitis, disuria, asma, bisul dan kanker, adapun rebusan akar untuk mengobati wasir”, ujar Ikhsan.

Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., menjelaskan tentang pandan laut yang memiliki tingkat ekonomi bagi masyarakat tepi pantai.

Pada kesempatan yang sama, Pengajar Program Studi Biologi Pascasarjana Universitas Nasional, Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., menjelaskan pandan laut dapat ditemukan mulai dari pantai berpasir hingga hutan dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 3.500 m dari permukaan laut. Pandan juga dapat dijumpai di hutan sekunder dan padang rumput yang dapat tumbuh pada tanah basah subur berhumus, kapur, rawa gambut hingga tanah berpasir yang relatif kering dan miskin zat-zat hara.

Pada kesempatan yang sama Ketua Ikatan Keluarga Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional, Dedy Darnaedi menjelaskan Bio Coffee Talk merupakan  wadah berbagi pembelajaran bagi alumni, civitas Fakultas Biologi UNAS dan masyarakat seputar keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup di Indonesia. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi dan inspirasi bagi masyarakat terkait aksi konservasi keanekaragaman hayati dan lingkungan hidup di Indonesia. Program ini diadakan sekali setiap bulannya”, tandas Dedy.

Turut hadir sebagai peserta dari SMA N 28, SMA N 49, SMA N 59, SMA N 7, SMA Perguruan Cikini, SMA Suluh, SMA Dewi Sartika, KSM Proteus Universitas Indonesia, mahasiswa Fakultas Biologi UNAS, Himagro UNAS dan masyarakat umum. (*)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!