Mendalami Profesi Auditor di Masa Pandemi, Prodi Akutansi UNAS Lakukan Guest Lecture dari The University of Kansas

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Mendalami Profesi Auditor di Masa Pandemi, Prodi Akutansi UNAS Lakukan Guest Lecture dari The University of Kansas

Jakarta (UNAS) – Sejak pandemi Covid-19, seluruh masyarakat terus beradaptasi agar tetap dapat melaksanakan aktivitas pekerjaannya. Sama halnya dengan profesi auditor juga memiliki tantangan tersendiri.

Program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB UNAS) pada kali ini berkesempatan menyelenggarakan guest lecture guna memberi gambaran serta solusi bagi mahasiswa yang akan memilih berprofesi sebagai auditor, khususnya pada masa pandemi ini. Topik yang diangkat yaitu “Assurance Services (Auditing) and The Covid Pandemic”.

Dekan FEB UNAS Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D., mengatakan sebagai  seorang auditor dibutuhkan keterampilan dan ketepatan dalam merespon data-data audit yang diperoleh.

Dekan FEB UNAS Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D.
Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D.

“Jadi sebagai auditor internal kita perlu menunjukkan kelincahan kita dan merespon sesuai dengan data yang ada. Serta, merespon akan berbeda untuk setiap organisasi,” ujarnya, Jumat (19/11/2021).

Pada acara ini turut mengundang Dekan FEB The University of Kansas Assc. Prof. Adi Misli, Ph.D. Dalam sambutannya Ia menyampaikan bahwa selama ini, secara umum, pelaksanaan audit dilakukan bersama klien untuk memperoleh bukti langsung. Namun, sebelum pandemi sudah ada beberapa perusahaan yang melakukannya secara remote.

Remote working bagi auditor juga memberikan sisi positif, yaitu mereka tidak perlu memakan banyak waktu untuk perjalanan. Namun, tetap terdapat beberapa kendala seperti pembuktian data dokumentasi, kurangnya kemampuan auditor untuk melakukan investigasi lebih dalam,” ujar Adi.

Dekan FEB The University of Kansas Assc. Prof. Adi Misli, Ph.D.
Prof. Adi Misli, Ph.D.

Ia melanjutkan, pandemi juga menyebabkan perubahan fungsi kontrol di dalam perusahaan. Sehingga auditor harus lebih memperhatikan bagaimana pengendalian yang mempengaruhi audit keuangan.

“Auditor perlu mempertimbangkan hal-hal seperti Direksi harus mampu menjalankan tanggung jawab pengawasannya selama masa pandemi,” tambahnya, pada acara yang dimoderaotri oleh Dosen FEB UNAS Dr. Padri Achyarsyah, S.E., M.Si., CPA. (*ARS)

Berita Terbaru
Chat with Us!