Melalui Seminar, Himasi Dorong Mahasiswa Untuk Kreatif

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) menggelar seminar pada Sabtu (10/9) di Aula Blok 1,Lt 4 Universitas Nasional. Melalui seminar, Himasi mendorong mahasiswa untuk kreatif dan aktif. Menurut Dr. Fauziah, S.Kom, MMSI., tahapan utama untuk meraih kesuksesan adalah memiliki ide dan berproses.

“Salah satu tahapannya adalah biasanya dengan ide, idenya sederhana saja setelah itu kita buat prosesnya dan kemudian kita tes hasilnya supaya bisa terlihat fungsinya. Itu adalah contoh sederhana membuat sebuah proyek. Intinya adik-adik mahasiswa harus kreatif, harus aktif untuk terus mengupgrade ilmunya”, katanya dalam opening speech

Seminar dengan tema “Get Start to Create a Level up Generation 5.0” mengundang dua narasumber dengan materi yang berbeda diantaranya Pengembangan Mobile Aplikasi dan Pengenalan Standard Pembuatan CV.

Angga Dwi Arifandi, S.Kom.,Google Developer Expert di bidang  Flutter saat memaparkan materi pada seminar HIMASI di Aula Blok I, Lt. 4 UNAS (10/9).

Dalam materinya, Angga Dwi Arifandi, S.Kom., yang saat ini sebagai Google Developer Expert di Flutter menyampaikan bahwa kemajuan teknologi adalah peluang besar untuk lebih kreatif dalam bidang IT. “Kita hidup di era teknologi jadi peluang pekerjaan pada bidang teknologi sangat besar. Perusahaan-perusahaan sekarang ini kebanyakan ingin memiliki sistem sendiri ini membuktikan bahwa kreativitas dan kemampuan dalam bidang IT perlu ditingkatkan”, paparnya.

“Apalagi sekarang pekerjaan seorang programmer tidak hanya pembuatan software untuk desktop tetapi juga pengaplikasian di mobile”, tambahnya.

Selain memberikan materi mengenai pengembangan aplikasi Flutter, Angga juga mendemokan Flutter sebagai aplikasi yang bisa digunakan untuk multiplatform dengan basis coding (codebase). Flutter adalah sejenis framework yang digunakan untuk membantu developer membuat aplikasi mobile multiplatform. Dengan kata lain, aplikasi yang dihasilkan dapat dipakai di berbagai platform, baik mobile Android, iOS, web, maupun desktop.

Flutter memiliki dua komponen penting, yaitu, Software Development Kit (SDK) dan juga Framework user interface.

Sementara itu, narasumber kedua yang dihadirkan pada seminar Himasi Sri Wulandari, EPC, S.IP.MBA. merupakan Career and HR Coach memberikan tips dan triks pembuatan CV. “Dalam pembuatan CV, yang paling penting adalah mengenali diri sendiri, knowing yourself kemudian mengisi kolom akademik ini menentukan dimana skill dan attitude kalian”, ujarnya.

Ia juga menambahkan untuk menyiapkan masa depan bukan hanya dari teks books saja melainkan meningkatkan wawasan dan skill. “Jangan hanya fokus dalam teks books tetapi tingkatkan wawasan dan skill yang bisa teman-teman jual, kalau teman-teman tidak terlalu menguasai suatu bidang harus ambil latihan atau ambil kursus untuk menunjang skill kalian”, imbuh Sri.

Sri Wulandari, EPC, S.I.P. MBA Career and HR Coach saat menyampaikan materi seminar bagaimana membuat CV yang baik di Seminar Himasi pada Sabtu (10/9) di Aula Blok 1 Lt 4 UNAS 

Kegiatan seminar Get Start to Create a Level up Generation 5.0 dibuka oleh Ketua Program Studi Sistem Informasi Andrianingsih, S.Kom., M.M.S.I. (*TIN)

Berita Terbaru
Chat with Us!