Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional Gelar Pelatihan SocMeducation

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Mahasiswa Ilmu Komunikasi UNAS Gelar Pelatihan SocMeducation

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa Kelas Karyawan Prodi Ilmu Komunikasi Universitas Nasional menggelar Pelatihan SocMeducation dengan tema “Bijak Bermedia Sosial Melalui Literasi Digital”. Kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa prodi ilmu komunikasi universitas nasional merupakan sebuah kegiatan penerapan dari pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan pada sabtu, 25 desember 2021 ini mengusung tema mengenai literasi media digital, dimana banyak sekali dari remaja yang saat ini aktif menggunakan media sosial namun, masih juga masih banyak yang kurang memahami apa itu literasi digital, dan juga seperti apa bentuk – bentuk dari cybercrime.

Menurut Raina Padma Azaria salah satu mahasiswa Ilmu Komunikasi kelas karyawan dan sebagai pengisi acara menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan literasi media digital dan cybercrime kepada remaja dilingkungan Jagakarsa. “Tujuan dari kegiatan Workshop SocMeducation yaitu supaya para remaja yang ada di generasi ini lebih paham lagi mengenai literasi media digital dan juga mengenai cybercrime, dan juga dengan adanya kegiatan ini mengurangi tingkat kejahatan yang ada di sosial media itu sendiri,” ujar Raina.

PKM Mahasiswa Ilkom UNAS
PKM Mahasiswa Ilkom UNAS

Sementara itu, dosen pembimbing PKM Yayu Sriwartini, S.Sos., M.Si., juga mengatakan sebagai mahasiswa, tugas mahasiswa tidak hanya mendapat materi di dalam kelas tetapi juga harus bisa mengimplementasikan ilmu tersebut. “Sebagai mahasiswa tidak hanya mendapatkan materi di kelas saja, tetapi sebaliknya para mahasiswa juga harus berkiprah kepada masyarakat. Dimana dalam kegiatan ini para mahasiswa harus bisa melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui sharing tentang ilmu atau keterampilan yang dimiliki secara langsung kepada masyarakat sekitar,” jelasnya.

Pelaksanaan kegiatan pelatihan SocMeducation ini dibuka oleh ibu Vina selaku pemilik Warkop Temen Gue. Dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan SocMeducation ini terbagi dalam 2 sesi yaitu penjelasan mengenai literasi media digital, dan mengenai cybercrime. Lalu di sesi selanjutnya berupa kuis dimana dalam kuis ini peserta memperebutkan kuota internet sebesar Rp. 100.000,-.

Dalam kegiatan pelatihan SocMeducation yang dilakukan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi, salah satu peserta pelatihan Gawina mengungkapkan rasa senangnya mengikuti pelatihan.“Workshop SocMeducation seru banget si, dari kegiatan ini juga kita bisa paham mengenai apa si literasi media digital dan juga lebih bijak lagi menggunakan sosmed, soalnya sekarang ini jari kita kadang kan suka susah di control kalo udah baca caption asal aja nulis komen yakan, jadi sekarang kita lebih paham dan lebih hati – hati lagi sih apalagi sekarang sudah ada uu ite,” ungkapanya. (*TIN/Tim PKM)

Berita Terbaru
Chat with Us!