Kukuhkan 112 Sarjana, Lulusan FEB UNAS dituntut Kuasai IoT, Social Capital, dan Social Networking

Jakarta (UNAS) – Mengenal dunia digital pada era sekarang ini merupakan hal wajib, begitu juga bagi mereka yang telah menempuh pendidikan tinggi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional (FEB Unas)  telah mengukuhkan 112 sarjana . Dalam kesempatan ini, lulusan FEB UNAS didorong untuk menguasai tiga hal yaitu Internet of Things (IoT), Social Capital, dan Social Networking untuk meningkatkan daya saing di era 5.0.

Pada kesempatan emas ini 112 lulusan mendapatkan wejangan agar bisa meraih segala mimpinya di dunia kerja, yaitu dengan menguasai dan mampu untuk menjalankan dunia digital di era 5.0.

Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App. Ec., Ph.D.

“Ada tiga hal untuk para lulusan yang setidaknya bisa meningkatkan daya saing di era 5.0 yang pertama adalah penguasaan Internet of Things (IoT), berikutnya terkait dengan social capital, yang paling penting lagi itu adalah social networking,” kata Dekan FEB Unas Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App. Ec., Ph.D., dalam sambutannya di Yudisium FEB, Jumat (12/11).

Menurutnya, ketiga hal itu merupakan kemampuan wajib yang harus dimiliki oleh para lulusan agar mampu berkompetisi dengan dunia luar. Selain itu, lanjutnya, yang terpenting adalah para lulusan tetap rendah hati, terus belajar dan mengupgrade dirinya.

“Pesan saya lagi yang paling penting adalah tetap rendah hati karena setiap orang kalau ingin maju harus terus belajar jangan pernah puas dengan suatu keadaan terus berimprove. Karena teman-teman memiliki kesempatan lebih panjang untuk mengupgrade dirinya,” ujar Kumba.

Pesan terakhir yang disampaikan oleh Dekan yang meraih Gelar Doktor di Erasmus University Rotterdam, Belanda itu adalah lulusan tetap menjaga nama baik almamater dan dapat berkontribusi bagi fakultas. “Dan yang saya tekankan kita memiliki wadah ikatan alumni FEB Unas, melalui wadah ini misi saya sangat besar yaitu bisa membantu generasi sekarang juga adik-adik angkatan selanjutnya sehingga alumni bisa berkontribusi dan kita bisa berkontribusi sebagai alumni itu mutual respect yang kita inginkan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Himasasing Mengajak Mahasiswa Memiliki Integritas Untuk Memberantas Korupsi

Dari 112 lulusan yang dikukuhkan, sebanyak 64 lulusan berasal dari prodi Manajemen, 33 lulusan dari Prodi Akuntansi dan 15 lulusan dari Prodi Pariwisata. Untuk nama-nama lulusan pada setiap progam studi langsung  dibacakan oleh para sekretaris prodi dan dosen, yaitu Subur Karyatun, S.E., M.M., (Sek. Prodi Manajemen),  Dr. Zumratul Meini, S. Ak., M.S.E., MS.Ak., (Dosen Prodi Akuntansi), dan Gagih Pradini, S. Par., M.M., (Sek. Prodi Pariwisata).

Adapun predikat lulusan terbaik dari masing-masing prodi yaitu Vega Dwi Damayanti dari prodi manajemen dengan Indek Prestasi Kumulatif (IPK) 3.75, Eko Suryanto dari prodi Akuntansi dengan IPK 3.76, dan  Nova Nur Rizkia dari Prodi Pariwisata dengan IPK 3.76.

Selanjutnya, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi talkshow dengan menghadirkan tiga narasumber yaitu Department Head Human Capital Business Partner Regional Jakarta 2 Erik Ridha Nugraha, Sekretaris Jenderal IVENDO Harry Dwi Nugraha, SSt., Par., dan Wakil Ketua Bidang Edukasi, Literasi dan Riset AFPI CEO Ringan Yudho Rawis, BBA, M.B.A., yang dimoderatori oleh Dosen FEB Liliana Dewi, S.S., M.M., Par.

Erik menyampaikan bahwa  setiap perusahaan berminat menarik para pekerja yang memiliki ability dan kemampuan adaptasi lingkungan yang tinggi serta yang berfikir inovatif. Ia pun mendorong para lulusan untuk terus membangun dan mengembangkan kapasitas diri dengan terus belajar dan mengasah kemampuan.

Senada dengan Erik, Yudho pun mengungkapkan bahwa kebanyakan perusahaan merekrut para tenaga kerja  yang memiliki visi serta profesional. Ia berpesan kepada para lulusan untuk mempersiapkan segala hal yang terkait dengan perekrutan saat akan melamar kerja dimanapun.

Sementara itu, Harry memaparkan tiga strategi sukses  di situasi pandemi. “ Siapkan dan sesuaikan diri dengan perubahan secepatnya dengan membangun kapasitas dengan terus belajar, kemudian siap terhadap perubahan jangka pendek tetapi tidak melupakan untuk jangka panjang dengan bangun komunikasi yaitu berkolaborasi dan  yang ketiga yaitu merubah strategi dan taktik bersikap tangkas, super kreatif, serta tahan banting dengan bangun reputasi yang dimulai dari bawah,” ungkap Harry.

Baca Juga :   PUISI KEHIDUPAN CHUNG HO-SUNG

Kegiatan yang bertemakan “Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNAS mencetak lulusan yang berdaya saing dan siap terjun menghadapi tantangan prospek Kerja di Era 5.0” ini diakhiri dengan hiburan dan foto bersama pimpinan fakultas, prodi dan para lulusan dari masing-masing jurusan. (*DMS)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!