Kirim Mahasiswa ke Jepang, FTS Mampu Bersaing di Kancah Internasional

JAKARTA – Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional (UNAS) mengirimkan dua mahasiswa program studi Teknik Mesin untuk mengikuti International Scientific Meeting, yang diselenggarakan oleh Indonesian Student Association di Hokkaido University, Sapporo, Jepang. Berlangsung pada 17-18 Maret 2018, kedua mahasiswa tersebut ialah Zulfa Fajriani dan Caesar Esarogo Inugroho.

Dosen pembimbing mahasiswa tersebut, Agung Iswadi, M.Sc menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan momen awal yang bagus bagi civitas akademika FTS khususnya program studi Teknik Mesin.

Partisipasi mahasiswa FTS menunjukkan bahwa FTS memiliki kompetensi untuk dapat bersaing dengan universitas lainnya, hal ini terbukti dari paper yang disusun bertiga bersama dengannya masuk ke dalam 75 paper yang diterima oleh Reviewer dari sekitar 300 paper yang masuk.

Sebagai tenaga pengajar, saya dituntut tidak hanya untuk mampu mentransfer ilmu kepada para mahasiswa, tetapi juga bagaimana untuk mampu memfasilitasi dan menginspirasi mahasiswa saya agar terus tumbuh dan berkembang, baik secara keilmuan, pengalaman maupun jaringan”, tuturnya.

Senada dengan hal tersebut, Dekan FTS UNAS, Basori S.T., M.T mengaku merasa haru dan bangga dengan dapat berpartisipasinya mahasiswa FTS dalam ajang akademik internasional.

“Partisipasi mahasiswa UNAS dalam kegiatan ini tentu akan turut membawa nama harum UNAS di kancah internasional, sekaligus akan menambah credit point bagi institusi Prodi maupun Perguruan Tinggi dalam nilai akreditasi, selain menambah credit point Kompetensi Penunjang Langsung (KPL) bagi mahasiswa yang bersangkutan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)”, imbuhnya.(*NIS)