Kenalkan Teknologi Society 5.0, ICT Research Center FTKI Unas Lakukan Seminar Nasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Seiring berjalannya waktu, teknologi yang dibuat manusia semakin berkembang, salah satunya ialah society 5.0. Guru Besar Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T mengatakan, tatanan kehidupan di era Society 5.0 merupakan tatanan dimana hampir semua sektor kehidupan akan tercipta menjadi jauh lebih baik lagi dengan berbantuan teknologi ICT yaitu integrasi platform 5G, Super IoT Dan Big Data Artificial Intelligent.

“Integrasi platform tersebut yang disebut sebagai Quantum Internet. Platform teknologi tersebut sudah dalam persiapan implementasi di dunia Industri secara internasional yang akan launching secara massive di pasaran pada tahun 2025, sehingga Indonesia hanya memiliki waktu efektif 3 tahun untuk mengejar dalam penguasaan dan adopsi platform teknologi tersebut, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat/Industri/bisnis/ pemerintahan di semua sektor,” ujarnya dalam Seminar Nasional Teknologi Sains dan Informasi (SNTSI) Batch 2 ‘Eyes On The Quantum Internet in the Age of Society 5.0’ yang dihelat oleh ICT Research Center FTKI Unas, pada Kamis (01/07).

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T

Ia melanjutkan, FTKI sedang mempersiapkan riset terkait quantum internet dan melakukan perubahan kurikulum untuk berorientasi pada platform quantum internet dalam kerangka Society 5.0. Dalam mengejar untuk penguasaan platform quantum internet dan tatanan kehidupan di era Society 5.0, menurutnya, diperlukan peningkatan mental-set dan mind-set dari setiap individu dan komunitas masyarakat Indonesia.

Dalam sambutannya, Ketua Panitia SNTSI Batch 2, Benrahman, S.Kom., MMSI. juga mengatakan, seminar nasional ini bertujuan untuk mengenalkan kemajuan teknologi, komunikasi, dan informatika beberapa tahun kedepan.

Benrahman, S.Kom., MMSI.

“Melalui seminar ini saya berharap mahasiswa, dosen, dan seluruh peserta dapat memahami perkembangan teknologi mendatang terutama kemajuan teknologi era society  5.0. Seminar ini juga tidak hanya ditujukan bagi mahasiswa FTKI, tetapi terbuka untuk umum,” jelasnya dalam pembukaan kegiatan.

Sementara itu, Dekan FTKI Unas, Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI., juga menuturkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin dari FTKI Unas yang dilangsungkan melalui ICT Research Center. Seminar ini juga diisi oleh presentasi penelitian mahasiswa FTKI yang akan dipublikasikan pada jurnal baik terakreditasi SINTA maupun Internasional.

Dekan FTKI dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa terus mendorong agar dosen pembimbing dan mahasiswa bimbingan tugas akhir berkolaborasi untuk meningkatkan jumlah publikasi dan sitasi.

Dr. Septi Andryana, S.Kom., MMSI.

“Melalui kegiatan ini kami juga membimbing mahasiswa dan dosen terus berkolaborasi meningkatkan jumlah publikasinya, yang akan dipresentasikan di sesi pararel seminar ini,” katanya.

Dihelat secara virtual melalui zoom, kegiatan ini dipandu oleh alumni FTKI yang juga staff FTKI Unas, Erina Rahmazani, S.Kom., dan dimoderatori oleh Ketua Program Studi Informatika Agus Iskandar, S.Kom., M.Kom serta dihadiri oleh Wakil Dekan FTKI sekaligus Ketua ICT Research Center FTKI Aris Gunaryati, S.Si, MMSI; Ketua Program Studi Sistem Informasi Andrianingsih, S.Kom, MMSI; Sekretaris Program Studi Informatika Albaar Rubhasy, S.Si, MTI; Sekretaris Program Studi Sistem Informasi Ira Diana Sholihati, S.Si, MMSI serta para dosen, staf dan mahasiswa FTKI yang sedang tugas akhir dan juga peserta umum. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!