Inkubator Wirausaha Mandiri Unas-Lenovo Foundation Kerja Sama Kenalkan Artificial Intelligence Kepada Mahasiswa

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (Unas) – Perkembangan revolusi industri 4.0 dan society 5.0 melahirkan inovasi-inovasi baru dalam bidang teknologi informasi. Salah satunya ialah teknologi kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan Artificial Intelligence (AI) yang tengah menjadi diskusi populer di bidang teknologi dan bisnis. AI digadang gadang sebagai teknologi yang akan mengubah masa depan kehidupan manusia.

Melihat perkembangan AI yang semakin populer, UPT Wirausaha Mandiri Universitas Nasional (Unas) dan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unas bekerja sama dengan PT. Lenovo Indonesia kenalkan teknologi AI kepada mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan secara virtual dengan mengusung tema ‘How Will Artificial Intelligence Lead the Transformation In Our Economy’, yang berlangsung pada Rabu (4/11).

Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor Bidang Akademik Unas, Prof. Dr. Iskandar Fitri, S.T., M.T. mengatakan, kini teknologi AI sedang berkembang pesat dan memegang peran besar dalam revolusi industri. Oleh sebab itu, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa perlu melek teknologi tersebut dan mempelajarinya guna melahirkan inovasi – inovasi terbaru.

“Saat ini penting untuk belajar dan mengenal teknologi AI agar kita tidak tertinggal dengan negara lain. Sebenarnya tanpa kita sadari teknologi AI sudah masuk ke kehidupan kita, dan sangat membantu dalam aktivitas sehari-hari. AI ini sedang tren di seluruh dunia, mahasiswa perlu terus belajar dan menggali teknologi ini agar tidak tertinggal dengan negara lain,” jelas guru besar Fakultas, Teknologi, Komunikasi, dan Informatika (FTKI) Unas itu.

Hung Chuan Khoo

Dalam paparan materinya, Hung Chuan Khoo dari Education Transform and Development Lenovo Centra Asia Pasific mengatakan, teknologi AI telah mengubah kehidupan manusia mulai dari pekerjaan hingga aktivitas di rumah. Misalnya, seperti adanya robot yang dapat meniru suara manusia, serta melakukan aktivitas sederhana dan meningkatkan kualitas manusia seperti fiksi ilmiah.

“Ada banyak inovasi baru yang bisa dihasilkan dan dieskplorasi dari AI. Teknologi ini dapat memudahkan keterampilan kognitif, komunikasi, pemecahan masalah, pemikiran kritis, dan juga kreativitas. Semoga generasi penerus bangsa bisa terus mengeksplor teknologi ini dan melahirkan inovasi baru yang berguna bagi kemajuan bangsa dalam mengikuti perkembangan jaman,” ujarnya.

Senada dengan hal tersebut, Benny Kusuma dari Education Lead Microsoft Indonesia mengatakan, teknologi AI kini tengah menjadi primadona dalam bidang teknologi di dunia. AI dapat mendorong banyak perubahan bagi perusahaan dan institusi untuk mengadopsi teknologi tersebut dalam menjalankan aktivitas pekerjaan.

Benny Kusuma

“Apalagi kondisi sekarang semuanya serba online, peran AI sangat besar disini. Tanpa kita sadari semua aktivitas yang dilakukan saat ini tidak telepas dari teknologi AI. Semoga anak muda bisa memanfaatkan perkembangan ini apalagi mereka akan memegang penuh jalannya industri di masa depan,” tutur Benny.

Sementara itu, HR Lenovo Arief Rahman mengatakan, kerja sama ini merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR)  tahunan karyawan Lenovo yang dilakukan di bawah naungan Lenovo Foundation atau lembaga sosial Lenovo.

“Acara ini bertajuk Love on GMOS yang merupakan buah perayaan kehadiran Lenovo secara global yang dilakukan secara beragam dan fokus pada keikutsertaan karyawan secara sukarela untuk pemberdayaan komunitas dalam hal akses ke teknologi dan pendidikan Science Technology Engineering Math,” tutupnya.

       

Kegiatan ini diakhiri dengan pengumuman pemenang lomba poster yang diadakan oleh Lenovo. Adapun mahasiswa yang menang dalam kompetisi tersebut ialah Muhammad Ridho dari program studi Sosiologi sebagai juara 1 dan mendapatkan hadiah barupa satu buah laptop Lenovo, Faizil Akmal dari program studi Sistem Informasi sebagai juara 2, dan Hanum San Sabillah dari program studi Manajemen sebagai juara 3 yang masing-masing mendapatkan hadiah berupa penghargaan dan uang tunai. Pemberian hadiah tersebut langsung diberikan oleh Kepala Inkubator Wirausaha Mandiri Unas, Suadi Sapta Putra di Aula Blok 1 Lantai IV Unas. (NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!