Implementasikan Kerjasama, UNAS bersama Universitas Narotama Selenggarakan Workshop Penelitian Jurnal Internasional

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jakarta (UNAS) Penelitian dan Publikasi Ilmiah jurnal internasional bereputasi, seperti Jurnal terindeks SCOPUS, menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pemangku akademik. Demi mendorong peningkatan pengelolaan Jurnal ilmiah di lingkup Perguruan Tinggi, Universitas Nasional berpartisipasi dalam Workshop penelitian jurnal Internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Narotama Surabaya.

Dalam sambutannya, Pada sambutannya, Perwakilan dari UNAS Guru Besar FISIP UNAS sekaligus President of IPEST Prof. Dr. Paisal Halim, M.Hum  menyampaikan bahwa kegiatan workshop merupakan bentuk implementasi kerjasama UNAS dengan Narotama.

“Kegiatan workshop ini merupakan bentuk implementasi kerjasama Universitas Nasional dengan Universitas Narotama Surabaya dengan tujuan bisa sharing informasi dan pengalaman, makalah atau paper jurnal penelitian bisa terbit di jurnal Scopus, ” jelasnya.

Publikasi ilmiah dalam menulis jurnal bereputasi sudah menjadi sebuah kewajiban dan tuntutan yang harus dipenuhi oleh para Dosen, hal ini sejalan dengan konsep Tridharma perguruan tinggi dengan unsur penelitian. Penulisan jurnal ilmiah untuk publikasi memiliki aturan dan tata cara yang harus dipahami.

Pada kesempatan yang sama, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Nasional Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D  memaparkan bahwa banyak ditemukan kendala untuk menulis jurnal ilmiah.

Kumba Digdowiseiso, S.E., M.App.Ec., Ph.D

“Setiap menulis jurnal itu kendalanya banyak, bisa dari kemampuan, tata bahasa. Tata bahasa itu sendiri instrumennya banyak, kemudian yang paling sering lupa adalah soal template yang ada di jurnal internasional itu seperti apa, ” papar Kumba.

Sementara itu, Amrun Rosyid, S.T, M.T Medley Advisory dari Universitas Narotama menjelaskan dalam materinya mengenai jenis paper atau artikel ilmah yang biasanya terpublikasi.

“Ada beberapa jenis artikel yang harus dipahami, seperti Editorial, Reviews, Research articles, Perspective dan Research Highlight , ” jelasnya

Ia juga menambahkan bahwa untuk menulis sebuah paper juga harus memperhatikan format tulisan. “Format artikel yang paling umum digunakan adalah IMRaD. Introduction, Methods, Results and Discussion, ”tambahnya.

Kegiatan Workshop Workshop Research Paper Publication Journal International Reputable Indexed III diselenggarakan pada Minggu (29/8) secara Virtual. (*TIN)

 

Berita Terbaru
Chat with Us!