Implementasi Tridharma Perguruan Tinggi, Fakultas Biologi Laksanakan PKM Kepada Siswa/Siswi SMA Dewi Sartika Jakarta

Jakarta (Unas) – Dosen Fakultas Biologi Universitas Nasional (Unas) melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat kepada siswa/siswi SMA Dewi Sartika Tebet Jakarta Selatan. Acara yang dilaksanakan di Kampus Pusat Laboratorium Bambu Kuning pada Sabtu, 29 Oktober 2022 ini rutin dilaksanakan setiap semesternya oleh Fakultas Biologi dengan tujuan mengenalkan Fakultas Biologi Unas kepada siswa/siswi sekolah.

Selain itu, kegiatan pengabdian pada masyarakat merupakan implementasi dari tridharma perguruan tinggi sehingga kampus bertugas untuk men-sharing keilmuannya kepada masyarakat luas.

“Acara pengabdian bagian dari pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan rutin diadakan setiap semester dengan sasaran siswa SMA,” ujar Koordinator acara Dra. Hasni Ruslan, M.Si. saat dihubungi tim Humas Unas pada Rabu, (2/11).

Pemberian cinderamata kepada pihak sekolah SMA Dewi Sartika Tebet  oleh dosen fakultas biologi Unas Dra. Hasni Ruslan, M.Si. (kiri) di ruang laboratorium kampus bambu kuning Unas.

Hasni mengatakan, sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat kampus yang merupakan pusat ilmu pengetahuan mempunyai fungsi untuk memberikan pemahaman- pemahaman praktis tentang berbagai hal yang mempengaruhi kehidupan. Dalam konteks keilmuan biologi, ilmu yang dibagikan adalah ilmu yang menyangkut alam dan kehidupan, dengan harapan para siswa, lebih mengerti tentang alam dan lingkungan.

Adapun dosen yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu Dra. Hasni Ruslan, M.Si., Dra. Sri Handayani, M.Si., Dra. Endang Wahyuningsih, M.Si., Ir. Maizirwan Mel, M.Sc., Ph.D., Dr. Khoe Susanto Kusumahadi, M.Si., Drs. Ikhsan Matondang, M.Si., Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si., Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si. selain dosen, acara ini juga melibatkan para mahasiswa Fakultas Biologi Unas.

Sementara itu, terdapat 30 siswa/siswi dari SMA Dewi Sartika Tebet Jakarta Selatan yang hadir dalam acara ini 30 orang.

Dalam waktu yang sama, Dosen Fakultas Biologi Unas Drs. Ikhsan Matondang, M.Si., mengatakan, pengabdian yang dilakukan merupakan tugas pokok dosen sehingga sharing pengetahuan terkait bidang keilmuan biologi dilakukan setiap semesternya. Selain itu, pengabdian ini juga bertujuan sebagai sarana promosi fakultas biologi ke siswa SMA.

Baca Juga :   KEGIATAN DI MASA COVID-19 FAKULTAS HUKUM

Ia juga menjelaskan, mengenalkan bidang keilmuan biologi kepada para siswa/siswi sekolah sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara biodiversitas terbesar kedua di dunia. Dengan demikian, diperlukan para biolog untuk menggali informasi tentang kekayaan biodiversitas untuk digunakan dan dimanfaatkan secara berkelanjutan.

Ikhsan pun berharap siswa/siswi mengetahui pentingnya bidang keilmuan biologi bagi kehidupan dan mencari informasi lebih dalam lagi terkait biodiversity di Indonesia.

“Harapannya muncul rasa penasaran dan mencari informasi lebih jauh lagi dan kita siap any time untuk memberikan informasi atas rasa penasaran mereka terkait dengan biologi dan biodiversitas di Indonesia sehingga hal itu dapat menumbuhkan minat mereka melanjutkan studi biologi di Unas,” katanya.

Dalam acara ini, ada enam materi yang dipaparkan oleh para dosen yaitu Pengenalan Peran Serangga di Alam oleh Dra. Hasni Ruslan, M.Si., Pengenalan Jenis-jenis Makro Alga Koleksi Fakultas Biologi dan Cara Identifikasi oleh Dra. Sri Handayani, M.Si., dan Pengenalan Pengetahuan Taksonomi Hewan oleh Drs. Gautama Wisnubudi, M.Si.

Selanjutnya, Pengenalan Keanekaragaman Tumbuhan dan Manfaatnya oleh Drs. Ikhsan Matondang, M.Si., Peran Pohon Pencegah Banjir dan Penangkapan Emisi Karbon dioksida oleh Ir. Maizirwan Mel, M.Sc., Ph.D., dan Pencemaran Air dan Udara serta Pengendaliannya oleh Dr. Khoe Susanto Kusumahadi, M.Si.

Pemaparan materi dibagi menjadi dua sesi yang masing-masing dimoderatori oleh Dr. Sri Endarti Rahayu, M.Si. pada sesi pertama dan Dra. Endang Wahyuningsih, M.Si. pada sesi kedua. (*DMS)

Bagikan :
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!