Himapublik Mengajar, Wujud Pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Himapublik Mengajar, Wujud Pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Jakarta (UNAS) – Himpunan Mahasiswa Program Studi Administrasi Publik (HIMAPUBLIK) Universitas Nasional (Unas) meyakini pentingnya program pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud nyata pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Melalui program himapublik mengajar, mahasiswa Administrasi Publik berkeinginan untuk mengabdikan ilmunya kepada anak-anak yang sedang dalam pembinaan.

Pada 13 Desember 2021 lalu, program ini dibuka dengan sasaran anak-anak yang ada di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas II Jakarta. Sebanyak 21 orang mahasiswa turut serta dalam program ini. 

“Dengan adanya kegiatan ini, mahasiswa dapat berperan aktif sebagai agen sosialisasi, selain itu juga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah rasa semangat belajar dan semangat bermimpi dalam diri anak-anak didik,” ujar Ketua Pelaksana Rahmat Taufik Hidayat kepada Tim Humas Unas Rabu (15/12).

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua bulan dengan empat kali pertemuan atau dua minggu sekali dan diadakan setiap hari Senin. Nantinya, kegiatan ini akan diisi dengan beberapa rangkaian yang menggabungkan antara bermain sambil belajar dengan konsep meningkatkan mutu pendidikan dan kreativitas anak.

“Kami sebagai seorang mahasiswa merasa bahwa setiap anak memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan, khususnya anak-anak di LPKA Kelas II Jakarta, sehingga kami merasa terpanggil untuk bisa memberi kegiatan pembelajaran yang sesuai kepada mereka. Dengan mengajarkan mereka mengenai bagaimana menjadi wirausaha yang kreatif dan mandiri, saya berharap ini bisa menjadi bekal dan gambaran untuk mereka kelak ketika mereka sudah menjelajahi dunia luar,” katanya.

Kegiatan yang bertemakan “Meningkatkan Kreativitas Dalam Menciptakan Jiwa Kewirausahaan Yang Kreatif dan Mandiri” ini pun mendapat respon positif dari Ketua Program Studi Administrasi Negara Dr. Bhakti Nur Avianto, S.I.P., M.Si. Ia mengatakan bahwa program studi mendorong mahasiswa untuk bisa melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

“Kami berharap agar Himapublik senantiasa untuk terus bersikap kritis dan rasional terhadap perubahan dan perkembangan teknologi pada era milenial serta tetap memiliki jiwa intelektual yang bermanfaat bagi agama, negara dan bangsa,” harapnya. (*DMS)

Berita Terbaru
Chat with Us!