HIMAJIP Unas Selenggarakan Donor Darah di Medical Center PMI Jakarta

HIMAJIP Unas Selenggarakan Donor Darah di Medical Center PMI Jakarta

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Jurusan Ilmu Politik (HIMAJIP) Universitas Nasional (Unas) selenggarakan kegiatan Donor Darah di Medical Center Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Selatan, pada Sabtu (21/05). Ketua Pelaksana Rama Hendrico mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial HIMAJIP kepada masyarakat sekitar.

Blood Save Lives merupakan kegiatan sosial donor darah pertama yang dilaksanakan HIMAJIP melalui Departemen Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa dan Organisasi (PSDMO). Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian sosial kepada masyaraka sekitar,” ujar Rama dalam keterangannya.

Cek kesehatan sebelum donor

Selain menjadi organisasi mahasiswa, lanjut Rama, HIMAJIP juga banyak bergerak di bidang kemanusiaan. Ia berharap darah yang didonorkan dalam kegiatan ini bisa bermanfaat dan membantu PMI dalam mendistribusikan darah kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Proses pengambilan darah untuk donor
Proses pengambilan darah untuk donor

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum HIMAJIP, Fikri Triyadiansyah juga menuturkan, kegiatan donor darah ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kehidupan orang lain. Menurutnya, donor darah ini tidak hanya bermanfaat bagi orang yang membutuhkan transfusi darah, melainkan juga untuk mendeteksi penyakit serius.

“Donor darah juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah, memperpanjang usia, serta menjaga kesehatan jantung,” tambahnya. Dalam kegaiatan ini, Fikri mengatakan bahwa HIMAJIP mengusung tema ‘Donorkan Darahmu Agar Dunia Terjaga’.

Sementara itu, dari keterangan press release yang diterima oleh Humas Unas, Pengurus Pusat PMI Bidang Kesehatan dan Bantuan Sosial mengatakan, semua darah yang diperoleh dari PMI tidak dipungut biaya. Namun, terdapat biaya pemrosesan darah atau BPD yang tetap harus dikeluarkan. Hal ini disebabkan karena darah tak bisa langsung disalurkan pendonor kepada penerima. (Himajip/NIS)

Baca Juga :   Terjemahkan Gagasan Poros Maritim Presiden Terpilih 2014, FISIP UNAS Gelar Seminar Maritim Nasional
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!