FTKI UNAS, Raih Juara III PLC Competition 2012

Mahasiswa FTKI Juara III
Ajang kompetisi tingkat Nasional yang digelar oleh Himpunan D3 Teknik Elektro FTI Institut Teknik Surabaya (ITS) dengan didukung oleh National Instrument (Singapore) yang bertema “Industrial Automation and Robotic Competition 2012”.
 

Jakarta (UNAS) – Dimana ada niat, disitu ada jalan. Inilah ungkapan yang tepat diberikan kepada kedua mahasiswa Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional yang berhasil meraih juara III diajang Pemrograman Lader PLC (Programmable Logic Controller) Competition 2012 tingkat nasional di Institut Teknik Surabaya (ITS) beberapa waktu lalu.

Bersaing dengan 22 perguruan tinggi negeri dan swasta seluruh Indonesia, tidak menyurutkan langkah kedua mahasiswa FTKI Unas, yaitu Ahmad Firdausi dan Panjy Putriasmawan untuk terus maju dan membawa harum nama universitas. Meskipun materi yang dilombakan bukan bidang keahliannya, kedua mahasiswa yang kini berada di perkuliahan semester VI ini mampu mengejar dan berhasil menduduki peringkat ke-tiga di babak final melawan 3 Perguruan Tinggi lainnya, yaitu Universitas Budi Luhur Jakarta, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, dan Politeknik Perkapalan Surabaya.

“Awalnya tidak percaya bisa masuk final, karena kita terbentur kendala dengan alat PLC yang kita belum miliki. Jadi, total kita belajar selama perlombaan belum dimulai hingga detik terakhir dan kita maksimalkan di pemrograman software-nya. Alhamdulillah, hasilnya cukup baik dapat juara III,” ungkap Firdausi saat ditemui di Ruang Unit Pelaksana Teknis (UPT) Marketing and Public Relations Universitas Nasional, Selasar Blok I Lantai 3, Selasa (24/7).

Pada kesempatan yang sama, partner satu tim Firdausi dalam ajang tersebut, Panjy Putriasmawan menambahkan bahwa beda poin dengan juara I yang diraih oleh Politeknik Perkapalan Surabaya hanya 15 poin, dan dibandingkan dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya yang berhasil menduduki posisi kedua, hanya berkisar 10 poin. “Tidak menyangka kita bisa bersanding dengan perguruan tinggi yang memang sudah sangat ahli dibidangnya. Bahkan sebelum diumumkan masuk babak final, kita sempat dibimbing oleh para peraih juara I dan II ini,” imbuh Panjy.

Ajang kompetisi tingkat Nasional yang digelar oleh Himpunan D3 Teknik Elektro FTI Institut Teknik Surabaya (ITS) dengan didukung oleh National Instrument (Singapore) yang bertema “Industrial Automation and Robotic Competition 2012” ini terdiri dari rangkaian perlombaan berbasis teknologi dan pemrograman software tingkat nasional, yakni Tetrix Robot Programming, HMI Programming, LEGO NXT Robotic Programming, dan PLC Competition. Berlangsung selama tiga hari sejak 13 – 15 Juli 2012 di Gedung Robotika ITS, kegiatan ini melibatkan tidak hanya seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia, tapi juga turut mengundang seluruh pelajar SMA/SMK di nusantara.

Dengan mengikuti ajang tersebut, Panjy dan Firdausi mengaku tidak hanya mendapatkan pengalaman berharga dan luar biasa, tapi justru mereka termotivasi untuk lebih mendalami dan mengembangkan bidang ilmu keahlian yang saat ini tengah ditempuhnya di dunia perkuliahan. (Herlina, A.Md.)

Baca Juga :   Ketua PPI UNAS dan Tuan Guru Bajang Memberi Ceramah Terkait Perubahan Iklim Di Islamic Book Fair
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!