Forum Diskusi Aichi Biodiversity Targets untuk Tiga Tahun Kedepan

JAKARTA (UNAS) – Ikatan Alumni Fakultas Biologi Universitas Nasional (IKA-FABIONA) menyelenggarakan Forum diskusi kelompok Aichi Biodiversity Targets pada Sabtu, (16/12). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang Aichi Biodiversity Targets serta mendapatkan implementasi topik-topik riset yang mendukung.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. selaku Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan pada Masyarakat dan Kerjasama, mengatakan  bahwa forum ini menjadi hal yang besar dan penting untuk dikembangkan  karena akan berdampak baik untuk Indonesia dimata dunia.

“Banyak yang kita sudah miliki dan lakukan tetapi tidak terpresentasikan di dunia luar. Pada kesempatan ini saya sangat berharap besar pada FABIONA yang sudah sangat berjasa dalam mengibarkan FABIONA agar dapat mengkritalisasi ide kita bersama sehingga menjadi sesuatu yang konkrit dan bermanfaat buat dunia,” ujar Erna.

Aichi Biodiversity Targets merupakan konferensi yang dilakukan di kota Nagoya, Perfektur Aichi, Jepang guna membahas salah satu hasil dari konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang konvensi keanekaragaman hayati dan pembangunan berkelanjutan. Hasil tersebut adalah keputusan yang diambil pemerintah untuk mengembangkan dan mengadopsi seperangkat Target Pembangunan yang Berkelanjutan (SDG). Terdapat 20 target pada Aichi Biodiversity Targets yang dikelompokkan menjadi lima sasaran strategis yang harus dicapai pada 2020.

Pada forum diskusi ini, para alumni dan mahasiswa FABIONA membagi ke dalam empat grup kerja untuk mendukung target 1 untuk awareness (non-edukasi dan edukasi), target 5 untuk protection (loss natural habitat) dan target 12 untuk preventing extinction.

“Kegiatan materi dan forum diskusi ini baik untuk dilakukan, agar kita para peneliti FABIONA dan lainnya utnuk mengumpulkan dan melakukan penelitian atau pengabdian masyarakat sesuai dengan target yang ada. PBB sudah melakukan target ini dari lama untuk perlindungan biodiversitas, hanya saja banyak hasil penelitian dan pengabdian masyarakat yang tersebar dan belum tersimpan oleh PBB,” ujar Tatang, selaku Ka Prodi Magister Biologi Sekolah Pascasarjana FABIONA.

Dengan adanya forum ini, lanjut Tatang, diharapkan tercipta penelitian dan dapat menjadi data di pemerintah dan PBB serta bermanfaat bagi kegiatan para peneliti mahasiswa dan alumni FABIONA. Ia berharap, target yang ada dapat dicapai untuk tiga tahun mendatang.

Kegiatan yang bertempat di Aula Blok 1 Lantai IV UNAS ini dihadiri oleh Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. selaku wakil rektor bidang penelitian, pengembangan pada masyarakat dan kerjasama, Drs. Imran SL Tobing, M.Si selaku dekan FABIONA, Dr. Tatang Mitra Setia selaku Ka Prodi Magister Biologi Sekolah Pascasarjana FABIONA, Prof. Dr. Endang Sukara selaku ketua IKA-FABIONA dan pemberi materi, Prof. Dr. Dedy Darnaedi selaku pemberi materi tentang Aichi Biodiversity Targets serta mahasiswa dan alumni FABIONA.