Fakultas Biologi dan Saka Kalpataru Kenali Keragaman Hayati Ibu Kota

Jakarta [UNAS] – Fakultas Biologi Universitas Nasional (UNAS) terus mengajak masyarakat mengenali dan menjaga keragaman hayati, terutama di Ibukota. Kali ini, Saka Kalpataru Kwaran Jakarta Timur menyelenggarakan Pelatihan untuk anggota tahun 2016 mengundang Fakultas Biologi sebagai narasumber.

“Workshop ini bertujuan untuk mengenalkan flora dan fauna yang tersisa di Jakarta. Selain itu, para anggota diharapkan dapat melakukan pendataan langsung di RTH jakarta” ujar Ibu Sartiti, S.P. selaku Ketua Saka Kalpataru, Jakarta Timur pada sambutannya di Kantor Walikota Jakarta Timur (30/03).

Materi yang disampaikan berupa Pengenalan Keragaman Hayati Jakarta oleh Ahmad Baihaqi dari BBC ‘Ardea’ Fakultas Biologi UNAS yang merupakan Koordinator Capture Nature Jakarta Biodiversity Warriors Yayasan KEHATI, Penanganan Pertama Pada Gigitan Ular oleh Erwandi ‘Elang’ Supriyadi dan teknik Budidaya Lebah Madu di Perkotaan oleh Acim, S.Sos, M.Si.

“Elang Bondol dan Salak Condet merupakan maskot Ibu Kota yang keberadaannya semakin terancam akibat habitatnya kian tersingkir. Menjadi tanggung jawab kita bersama untuk melestarikannya,” ujar Ahmad Baihaqi.

Workshop yang dihadiri sebanyak 30 anggota Saka Kalpataru Kwaran Jakarta Timur ini, dibentuk menjadi 5 kelompok kecil, yang tiap-tiap kelompok terdiri dari 6 orang. Kelompok yang sudah dibentuk nantinya menjadi agen untuk melakukan pendataan keragaman hayati di Ruang Terbuka Hijau Jakarta.

“Kegiatan ini sangat menarik, dapat menambah wawasan tentang flora dan fauna yang ada di Jakarta. Di Jakarta, saya hanya tau Burung Gereja, setelah ikut pelatihan ternyata masih banyak burung yang tinggal di Jakarta, seperti burung Kutilang, Tekukur dan Blekok”. Ujar Rizval salah satu anggota Saka Kalpataru yang mengikuti Pelatihan.

Saka Kalpataru sendiri dibentuk pada 20 November 2011 dengan penandatanganan kesepakatan bersama (MoU) antara Menteri Negara Lingkungan Hidup dengan Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka tentang Pelaksaan Program dan Kegiatan Perlindungan serta Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Baca Juga :   FIKES Selenggarakan Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Tahun Akademik 2022/2023

Kegiatan Saka Kalpataru meliputi tiga Krida, yaitu Krida 3R (Reduce, Reuse dan Recycle), Krida Perubahan Iklim dan Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati.

Saka Kalpataru dibentuk sebagai wadah pendidikan dan pembinaan bagi Pramuka untuk menyalurkan minat, mengembangkan bakat, kemampuan, pengalaman dalam bidang pengetahuan, keterampilan, teknologi dan pelestarian lingkungan yang menjadi bekal penghidupan untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara.

Bergerak terus generasi muda untuk mengenal dan melestarikan keanekaragaman hayati yang tersisa di Ibu Kota.

Berita Terbaru
Selamat-Hari-Bumi-2024
Pengumuman

Selamat Hari Bumi 2024

Selamat Hari Bumi 2024 Baca Juga :   FIKES Selenggarakan Pelantikan dan Angkat Sumpah Profesi Tahun Akademik 2022/2023

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!