EL AMRY BERMAWI PUTERA KEMBALI TERPILIH SEBAGAI REKTOR UNAS

JAKARTA (UNAS) – Dr. Drs. H. El Amry Bermawi Putera, M.A kembali terpilih sebagai Rektor Universitas Nasional tahun akademik 2017/2018 – 2021/2022. Kinerja El Amry dianggap baik dan memiliki prestasi dalam membangun Universitas Nasional, sehingga pihak Yayasan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan, memperpanjang masa jabatannya sebagai Rektor Universitas Nasional dengan persetujuan seluruh anggota senat Universitas Nasional.

“Kami telah berketetapan hati untuk memperpanjang masa jabatan Rektor El Amry Bermawi Putera, selama empat tahun ke depan, dengan alasan kontinuitas, kestabilan, kesamaan visi dan penataan asset yang berhasil diselesaikan oleh Rektor El Amry,” ungkap Ketua Yayasan Memajukan Ilmu dan Budaya, Dr. Ramlan Siregar, M.Si, dalam Rapat Senat Tahunan Universitas Nasional, yang digelar di Aula, Sabtu (21/1).

Ramlan menambahkan, selama delapan tahun menjabat, El Amry telah menunjukkan kinerja yang cukup bagus, melalui prestasi-prestasi dan pencapaian yang telah diperoleh oleh Universitas Nasional. Antara lain peningkatan kualitas dan relevansi pendidikan, pengelolaan administrasi, keuangan dan sdm yg efisien dan produktif, pengembangan kualitas dan relevansi organisasi kemahasiswaan, pengembangan kualitas dan relevansi tri darma Perguruan Tinggi dan jaringan kerjasama.

Oleh sebab itu, pihak Yayasan memperpanjang masa jabatan El Amry selama empat tahun lagi hingga tahun 2022. Perpanjangan masa jabatan rektor ini mendapat dukungan dari seluruh peserta Rapat Senat Tahunan Universitas Nasional yang terdiri dari Majelis Guru Besar dan para pimpinan Fakultas, Sekolah Pascasarjana maupun Akademi-Akademi Universitas Nasional.

‘’Kami seluruh Dekan di lingkungan Universitas Nasional menyatakan dukungan sepenuhnya kepada Dr. El Amry Bermawi Putera, M.A untuk diperpanjang masa jabatannya sebagai Rektor Universitas Nasional,’’ ungkap Dekan Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI), Dr. Ucuk Darusalam, S.T. M.T yang mewakili para Dekan.

Ia juga membacakan rekomendasi program-program kerja antara lain pengembangan SDM berorientasi pada peningkatan mutu akademik, mekanisme pengelolaan keuangan, rencana pengembangan program kerja yang berorientasi capaian keunggulan institusi, penerapan kebijakan semi otonom untuk fakultas dan peningkatan kesejahteraan baik dosen, struktural dan karyawan.

Rapat Senat Universitas Nasional ini dipimpin oleh Prof. Drs. Umar Basalim, DES dengan notulis Prof. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Selain agenda perpanjangan masa jabatan Rektor, rapat juga mendengarkan laporan akuntabilitas kinerja rektor Universitas Nasional Tahun Akademik 2013/2014 – 2016/2017, yang dipaparkan oleh El Amry Bermawi Putera. Dalam laporannya, El Amry menyampaikan capaian-capaian yang diraih selama empat tahun masa jabatannya.

Di bidang akademik, ia memaparkan tentang pembaharuan pendidikan terarah, terencana dan berkesinambungan melalui metode pembelajaran dengan modus ganda (blended learning), dimana perkuliahan dilakukan dengan tatap muka (onsite) dan e-learning (online), pencapaian akreditasi program studi, dimana Universitas Nasional saat ini memiliki enam program studi berperingkat A (Sangat Baik) dan 22 program studi berperingkat B (Baik) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Ke depannya, diharapkan jumlah program studi yang mendapatkan akreditasi A terus bertambah. UNAS juga turut menambah jumlah program studi guna menjawab tantangan globalisasi dan permintaan masyarakat.

‘’Universitas Nasional telah membuka program Magister S2 Biologi, dan sudah menerima ijin operasional untuk jenjang S1 Sastra Korea dan S1 Pariwisata. Saat ini, kami juga sedang mengajukan program studi baru dan masih dalam proses perijinan, yaitu S2 Kebidanan, Profesi Ners dan Pendidikan Jarak Jauh Sistem Informatika,’’ ujar El Amry.

Di bidang penelitian, ia melaporkan naiknya peringkat Universitas Nasional dari kelompok Madya, ke jajaran perguruan tinggi Kelompok Utama oleh Kementrian RISTEKDIKTI. Hal ini, lanjutnya, berkat peningkatan semangat serta kinerjanya dosen untuk terus meningkatkan jumlah penelitian di lingkungan Universitas Nasional.
El Amry juga menegaskan tekadnya untuk tetap memerangi narkoba dan menjaga kenyamanan di kampus Universitas Nasional. ‘’Kerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan pengamanan internal terus kita perkuat untuk menghindari penggunaan dan transaksi narkoba di kampus Universitas Nasional,’’ tegasnya. (*mth)