Dukung Indonesia Sehat, Mahasiswa FIKES Unas Adakan Teras Student 2022

Bagikan Artikel

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Mahasiswa FIKES Unas Adakan Teras Student 2022

Jakarta (Unas) – Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKES) yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Keperawatan (HIMAKEP) dan Kebidanan (HIMAKEB) mengadakan Smart Event for Health Sciences Student atau Teras Student 2022, pada Sabtu (20/08). Kegiatan ini dihelat secara hybrid dan mengangkat tema ‘Generasi Milenial Agen Perubahan untuk Menuju Indonesia Sehat’.

Ketua Pelaksana Teras Student 2022, Sheny Salsabila Nadila mengatakan, kegiatan rutin ini merupakan rangkaian kompetisi nasional tingkat siswa dan mahasiswa yang diisi dengan perlombaan debat kesehatan, skill lab keperawatan dan kebidanan, poster edukasi, serta essay ilmiah.

“Lomba skill lab bertujuan untuk mempersiapkan keterampilan klinis, komunikasi, pemeriksaan fisik, ataupun tindakan medis, serta prosedur invasif bagi siswa SMK Kesehatan maupun mahasiswa Keperawatan dan Kebidanan,” tutur Sheny dalam sambutaannya saat pembukaan kegiatan secara onsite, di Ruang Seminar lantai 3 Menara 1 Unas, Ragunan.

Sheny melanjutkan, lomba poster edukasi bertujuan untuk menggali kreativitas siswa SMA/SMK dan mahasiswa dalam mengajak masyarakat agar lebih waspada terhadap kesehatan, sementara lomba debat bertujuan untuk melatih kemampuan negosisasi dan argumentasi. “Adapun lomba essay dipilih dengan tujuan menggali potensi mahasiswa dalam bidang menulis,” jelasnya. 

Mahasiswa FIKES Unas Adakan Teras Student 2022
Sheny Salsabila Nadila selaku ketua panitia memberikan sambutannya.

Ia menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh 67 peserta dari 14 institusi dan 11 sekolah baik negeri maupun swasta dari berbagai daerah di Indonesia.  Teras Student 2022 juga merupakan bagian dari program kerja mahasiswa FIKES Unas yang merupakan kolaborasi HIMAKEP dan HIMAKEB.

Wakil Dekan FIKES Unas, Dr. Rukmaini, SST., M.Keb., mengatakan, Teras Student 2022 merupakan sebuah wadah bagi pelajar dan mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya khususnya dalam bidang kesehatan.

“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh paserta, sehingga tidak hanya pengetahuan yang didapatkan melainkan juga koneksi dan silaturahmi sesama calon tenaga kesehatan,” ujarnya dalam sambutan secara daring sekaligus membuka kegiatan Teras Student 2022.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Biro Kemahasiswaan Unas, Kamaruddin Salim, S.Sos., M.Si., menuturkan, Unas akan terus mengapresiasi dan mendukung penuh segala bentuk kegiatan positif yang dilakukan oleh mahasiswa.

Situasi saat lomba debat

“Terlaksananya acara ini membuktikan bahwa mahasiswa FIKES  Universitas Nasional (Unas) terus ingin mengasah dan mengembangkan potensi diri baik melalui kegiatan internal, maupun kompetisi nasional seperti Teras Student 2022. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat menjadi nilai tambah bagi mahasiswa yang tergabung di himpunan mahasiswa keperawatan dan kebidanan,” ucapnya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Kesehatan dr. Aliya Cendanasari, MKM., mengatakan, tema yang diusung dalam kegiatan ini merupakan suatu hal yang menarik karena mahasiswa FIKES Unas bersinergi untuk mendukung Indonesia sehat pulih dari pandemi.

“Guna menjawab tantangan kesehatan di masa depan pasca pandemi, perlu dilakukan transformasi kesehatan menuju smart healthcare yang menggandeng seluruh tenaga kesehatan. Partisipasi calon tenaga kesehatan seperti pelajar dan mahasiswa kesehatan juga dibutuhkan dalam upaya ini karena mereka memiliki mindset yang adaptif dan siap akan perubahan. Semoga kegiatan ini dapat mendukung upaya trasformasi kesehatan tersebut menuju Indonesia sehat kedepannya,” katanya.

Di sisi lain, Perwakilan Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, Faisal Saleh berharap kegiatan ini dapat menciptakan generasi muda yang inovatif dan kreatif, juga cerdas spiritual dan intelektual. “Saya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan kepedulian generasi muda, sehingga terciptanya pribadi yang cerdas baik emosional dan sosial. Semoga kegiatan ini dapat terus berlanjut agar kita dapat terus membangun Indonesia yang bertalenta,” pungkasnya.

Turut hadir secara daring dalam pembukaan Teras Student 2022, Ketua Prodi Ilmu Keperawatan, Ns. Dayan Hisni, S.Kep., M.N.S., dan Ketua Prodi Sarjana Terapan Kebidanan, Dr. Vivi Silawati, SST., SKM., MKM. Pengumuman pemenang akan dilakukan dalam seminar kesehatan dan donor darah pada 27 dan 31 Agustus 2022.(NIS)

Berita Terbaru
Chat with Us!