Demi Mewujudkan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Konservasi Alam Indonesia, WWF-Indonesia Jalin Kerjasama dengan Universitas Nasional

Jakarta (UNAS)- Demi mewujudkan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan dan penelitian untuk konservasi alam di Indonesia, WWF-Indonesia menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Universitas Nasional (UNAS), pada hari Jumat, 22 Maret 2019. Penandatanganan MoU ini berlangsung di Kampus UNAS, Jl. Sawo Manila, di Jakarta. Dunia pendidikan adalah kunci bagi pembentukan manusia berkarakter dan berkualitas, salah satunya demi bumi yang lebih baik. Universitas mempunyai peranan yang sangat penting demi tercapainya Sustainable Development Goal (SDG).

Saat penandatangan perjanjian antara CEO WWF dan Rektor UNAS

“MoU ini menjadi dasar untuk kolaborasi lebih jauh dalam upaya perguruan tinggi mensinergikan bentuk Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat”, ujar Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama Universitas Nasional, Prof. Dr Ernawati Sinaga, M.S. Apt. Ada tiga hal yang menjadi peranan universitas dalam mewujudkan pembangunan berkelanjutan, pertama, terus melakukan penelitian tentang sustainability, kedua melakukan pengajaran tentang pembangunan berkelanjutan kepada peserta didik, ketiga membentuk kampus ramah lingkungan agar menjadi contoh dan teladan bagi peserta didik dan masyarakat sekitar. “Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan harus menjadi arus utama bagi Pendidikan tinggi, sehingga tujuan untuk mencetak manusia berkarater demi pelestarian lingkungan dapat diwujudkan”, ujar Rizal Malik, CEO WWF-Indonesia.

Lanjut Rizal, ”Pendidikan tinggi harus peka terhadap perubahan, mengajarkan pembaharuan sehingga dapat menjadi inspirasi bagi peserta didik, sehingga menghasilkan perubahan perilaku yang lebih ramah lingkungan. Universitas Nasional juga sudah lama berkegiatan bersama WWF-Indonesia, diantaranya kerjasama untuk sosialisasi Fatwa MUI No 4/2014 tentang PelestarianSatwa Langka untuk Keseimbangan Ekosistem.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan biodiversity, sudah seharusnya kita mengetahui info lebih dalam bagaimana cara melindungi dan memanfaatkannya secara bijak. Hal ini dapat didapatkan melalui kegiatan perkuliahan, diskusi dan lain-lain di lembaga pendidikan tinggi.

Kegiatan dengan Universitas Nasional melalui pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan dan konservasi alam di Indonesia, dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti kuliah umum tentang pembangunan berkelanjutan, pengetahuan tentang konservasi spesies, peningkatan kapasitas seperti pelatihan, kegiatan penelitian, kuliah kerja di lokasi kerja WWF-Indonesia serta kegiatan umum lainnya.

Baca Juga :   Tax Center Unas Adakan Pendampingan Pengisian SPT Secara Online kepada Dosen dan Karyawan
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!