BAN-PT Visitasi Re-akreditasi Program Studi Sosiologi

Jakarta (UNAS) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) baru saja kedatangan asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), adalah Program Studi (Prodi) Sosiologi yang kali ini dijadwalkan untuk dilakukan visitasi re-akreditasi guna mengevaluasi seluruh aspek secara keseluruhan selama lima tahun kebelakang, Jumat (23/3). Terdapat dua asesor dalam re-akreditasi ini yaitu, Dr. Azwar, M.Si. dari Universitas Andalas Padang dan Dr. Drs. Wahyudi, M.Si. dari Universitas Muhammadiyah Malang, acara yang berlangsung di Aula Universitas Nasional (UNAS) ini dihadiri pula oleh Dekan FISIP Dr Truly Wangsalegawa M.A., M.Ed., Ph.D, Wakil Dekan I Dr. Aris Munandar M.Si, Wakil Dekan II Aos Yuli Firdaus S.I.P., M.Si serta para dosen dan staff. 

Crosscheck isian borang dilakukan setelah Prodi Sosiologi mengirimkan borang re-akreditasi kepada BAN-PT, yang ditindaklanjuti dengan desk evaluation dan asesmen lapangan. Dalam re-akreditasi ini ada tujuh standar yang menjadi penilaian oleh asesor yaitu (Standar 1)  visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian, (Standar 2) tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu, (Standar 3) mahasiswa dan lulusan, (Standar 4) sumber daya manusia, (Standar 5) Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, (Standar 6) Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi, (Standar 7) Penelitian,  pelayanan atau pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.

Dalam kegiatan visitasi re-akreditasi ini, kedua asesor tersebut memaparkan borang yang telah diisi oleh Prodi Sosiologi dan menanyakan hal-hal yang dianggap perlu untuk diklarifikasi terhadap bukti lampiran yang telah dilaporkan di dalam borang tersebut. Sebaliknya, Ketua Prodi Sosiologi Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si. menjawab pertanyaan yang diajukan dengan baik sekaligus menjelaskan prospek kedepan yang akan dilakukan terkait proses pembelajaran dan penelitian.

Tepat pukul 14.00 WIB Proses re-akreditasi dilanjutkan dengan mewawancarai dosen, alumni, dan mahasiswa yang di lakukan oleh  Dr. Drs. Wahyudi, M.Si. (UMM). Sedangkan, Dr. Azwar, M.Si. (Unand)tetap tinggal di Aula untuk melakukan pengecekan dokumen dengan tim pengisi borang re-akreditasi Prodi Sosiologi.

Sebelum kegiatan re-akreditasi selesai, Dr. Azwar, M.Si. menyampaikan apresiasinya kepada Prodi Sosiologi yang telah berkembang dibandingkan lima tahun yang lalu. Tak lupa ia menyampaikan pesannya untuk terus menjaga kualitas dan mutu pembelajaran maupun penelitian yang sudah dituangkan didalam visi dan misi.

Pada hari sebelumnya, salah satu asesor Dr. Drs. Wahyudi, M.Si. telah melakukan asesmen terhadap standar III B yaitu proses klarifikasi atas pengisian borang kepada pihak fakultas. Beberapa pertanyaan diajukan mulai dari capaian yang telah dilakukan hingga peningkatan kualitas.

BAN PT akan mengeluarkan hasil penilaian akreditasi yang meliputi nilai Sangat Baik, Baik, ataupun Cukup . Jika hasilnya sudah keluar, akreditasi Prodi Sosiologi akan disahkan melalui SK BAN-PT. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh program studi sebagai sebuah instansi pendidikan. Pada tahun 2013 Prodi Sosiologi mendapatkan nilai akreditasi Baik (B) dan pada tahun ini Prodi Sosiologi berupaya secara optimal guna mendapatkan nilai akreditasi Prodi sangat baik (A). (*DMS)