Angkat Topik E-Business, HIMASI Adakan Kompetisi Digital UI/UX dan Mobile Legend

Jakarta (Unas) – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (HIMASI) Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika (FTKI) Universitas Nasional (Unas) mengadakan kompetisi User Interface/User Experience (UI/UX) dan Mobile Legend. Kegiatan bernama Strength Innovation Competition (SICOMP) ini mengangkat topik E-Business atau bisnis digital.

“Pada era saat ini, kompetisi tidak hanya dalam berbentuk fisik saja, melainkan juga dapat berbentuk digital yang didukung oleh internet.  UI/UX dan Mobile Legend merupakan dua hal yang tengah digemari oleh mahasiswa dan masyarakat karena selain mudah dijalankan, keduanya dapat mengasah keahlian dalam berpikir, berimajinasi, dan berkreasi,” ujar Ketua Pelaksana kegiatan, Bayu, dalam keterangannya usai presentasi final kompetisi UI/UX, Selasa (12/01).

Ia menambahkan, Mobile Legend merupakan sebuah game online, sementara UI/UX ialah teknologi yang semakin berkembang saat ini dan memiliki peranan dalam membantu membangun suatu sistem dan website.

“UI merupakan tampilan visual yang akan dilihat oleh pengguna, sedangkan UX merupakan pengalaman dari pengguna dalam menggunakan website.  UI termasuk ke dalam bagian UX, tetapi UI memiliki fokus terhadap tampilan aplikasi seperti warna, penggunaan huruf dan kreatifitas interface yang akan digunakan pengguna,” jelasnya. 

Bayu melanjutkan, UX lebih luas dari UI karena UX melakukan penentuan bagaimana sebuah produk memiliki tampilan dan cara kerja yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Adapun total peserta dari kompetisi UI/UX sebanyak 15 tim dan 60 tim untuk kompertisi Mobile Legend. Seluruh peserta berasal dari siswa dan mahasiswa FTKI Unas, serta umum.

Kompetisi UI/UX dilaksanakan secara daring pada 04 s.d 07 Januari 2023 untuk penilaian karya, 08 Januari 2023 pengumpulan finalis, serta presentasi final pada 12 Januari 2023. Sementara kompetisi Mobile Legend dihelat pada 14 Januari 2023 untuk Match Day 1 dan 15 Januari 2023 untuk Match Day 2.

Baca Juga :   UNAS Jalin Kerjasama Internasional dengan Kogakuin University, Jepang

Sementara itu, juri dalam kegiatan ini ialah Siti Noraika selaku Product Designer dari BIBIT.ID dan Stockbit & UI/UX Mentor di Binar Acadeny, serta Dosen FTKI Unas, Dr. Fauziah, S.Kom., MMSI. 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!