Angkat Tema Kekerasan Seksual, KPS FH Unas Selenggarakan Kompetisi Peradilan Semu bagi Mahasiswa

Kompetisi Peradilan Semu bagi Mahasiswa

Jakarta (Unas) – Komunitas Peradilan Semu (KPS) Fakultas Hukum Universitas Nasional (Unas) menyelenggarakan Kompetisi Peradilan Semu tingkat internal atau Internal Moot Court Competition (IMCC) Piala Saskara Veda III. Kegiatan ini mengusung tema kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia dalam upaya mewujudkan keadilan dan kebenaran hukum mengenai kasus tersebut.

“Pada tahun ini, kami mengangkat tema kekerasan seksual terhadap perempuan dengan tujuan memberikan semangat kepada mahasiswa sebagai poros generasi penerus keseimbangan kehidupan bangsa melalui penegakan hukum yang adil dan mandiri,” ujar Ketua KPS Unas, Juliantz Ilham Prasetyo saat ditemui di sela-sela kegiatan, di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Jumat (19/08).

Ia menambahkan, IMCC merupakan agenda rutin KPS Unas yang bertujuan untuk mendukung potensi mahasiswa Fakultas Hukum melalui praktik simulasi persidangan layaknya sebuah sidang nyata di pengadilan. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa berkompetisi dengan saling beradu argumentasi secara yuridis dan mengimplementasikan teori hukum atas kasus yang telah dipersiapkan sebelumnya.

“Kami berharap simulasi persidangan tersebut dapat menjadi sarana pembelajaran sebelum terjun ke dunia praktik sesungguhnya, serta dapat mengembangkan kreativitas keilmuan mereka,” ucap mahasiswa angkatan 2019 itu.

Juliantz melanjutkan, kompetisi ini diikuti oleh tiga delegasi yakni Sol Justicia, Martyapada Dharmadhyaksa, dan Alter Post Fulmina Terror. Satu delegasi terdiri dari 16 mahasiswa yang terdiri dari tiga majelis hakim, satu panitera, satu juru sumpah, satu sipir, dua penuntut umum, dua penasihat hukum, terdakwa, serta saksi atau saksi ahli tergantung dari kasus posisinya.

Adapun komponen penilaian dalam simulasi persidangan tersebut meliputi kesesuaian dengan hukum formil, hukum materiil, dan kreativitas persidangan. Juri dalam kegiatan ini ialah para praktisi dan akademisi hukum yang juga dosen FH Unas yakni, Dr. Tb M Ali Asgar, S.H., M.H., M.Si., M.M., Dr. Sulistyowati, S.H., M.H., serta Dr. Cand. Albert Tanjung, S.H., M.H., CLA.

Baca Juga :   Tim Peradilan Semu FH UNAS Sabet Juara Runner Up 2 dan Peran Terbaik

Pengumuman pemenang akan dilakukan pada saat closing ceremony IMCC Saskara Veda III di Aula Unas Blok I lantai IV pada Sabtu (20/08). Pemenang akan mendapatkan hadiah berupa piala, e-sertifikat atas nama individu, serta sejumlah uang tunai. (NIS)

 

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!