Menkominfo dan ATSI Dukung OTT Local

Jakarta-Over-the-Top global (OTT) hasil karya anak bangsa mendapat dukungan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika bersama Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh lndonesia (ATSI). kini telah terpilih tiga OTT yang akan mendapatan dukungan dari (ATSI) yaitu Qule (Qlue.co.id),Catfiz (catfiz.com), dan Sebangsa (Sebangsa.com).

Menkominfo, Rudiantara mengatakan,ia akan menampanyekan ketiga OTT tersebut bersama jajaran menteri di kabinet kerja yang dibawah pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saya juga admin di Kabinet (Kerja). Nanti saya bersama-sama menteri yang lain pakai OTT nasional juga. Syaratnya, bisa dipermudah (akses) di OTT nasional. Kalau OTT internasional kan sudah mudah. Kita harapkan, bisa dipermudah di OTT nasional,” tungkas Rudiantara seperti yang dilansir dari viva.co.id.

Kampanye pemerintah terhadap ketiga OTT itu tidak akan berlangsung selamanya, lanjut Rudiantara, melainkan pada batas-batas tertentu saja. Misalnya dalam segi jumlah penggunanya.

“Kita fokus tiga (OTT) dulu. Kalau mereka sudah punya lima juta akun atau penggunanya, kita ganti. Kalau semuanya kita dorong, jadi bingung. Ini juga melalui proses seleksi yang ketat,” sambung Rudiantara

Kominfo saat ini sedang merancang aturan bagi OTT. Aturan tersebut memiliki tiga poin. pertama, OTT harus punya Badan Usaha Tetap (BUT). Kedua, OTT harus memiliki manajemen konten yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku di Indonesia. Ketiga, perusahaan OTT wajib dikenakan aturan level playing field, aturan berlaku secara fair dan berlaku sama bagi OT global dan lokal.

Pada walnya aturan tersebut akan disahkan pada maret 2016, namun aturan ini masih dalam tahap uji coba sebelum nantinya akan disahkan.

Sumber: