Liburan Lebih Menyenangkan Lewat Aplikasi Banyuwangi In Your Hand

Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya adalah Kota Banyuwangi. Kabupaten ini terletak di ujung paling timur pulau Jawa, di kawasan Tapal Kuda, dan berbatasan dengan Kabupaten Situbondo di utara, Selat Bali di timur, Samudra Hindia di selatan serta Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso di barat. Kabupaten Banyuwangi merupakan kabupaten terluas di Jawa Timur sekaligus menjadi yang terluas di Pulau Jawa, dengan luas wilayahnya yang mencapai 5.782,50 km2, atau lebih luas dari Pulau Bali (5.636,66 km2).

Di pesisir Kabupaten Banyuwangi, terdapat Pelabuhan Ketapang, yang merupakan perhubungan utama antara pulau Jawa dengan pulau Bali (Pelabuhan Gilimanuk). Dengan potensi kekayaan alam yang melimpah tak heran jika Banyuwangi kerap menjadi destinasi bagi para turis lokal maupun macanegara untuk menghabiskan masa liburan mereka. Sebagai sarana promosi baru – baru Pemkot Kota Banyuwangi melalui Bupati Abdullah Azwar Anas meluncurkan aplikasi wisata dan kuliner berbasis android yang diberi nama  Banyuwangi in Your Hand (Banyuwangi dalam Genggaman Anda).
“Banyuwangi ingin memanfaatkan teknologi di semua lini, termasuk di bidang pariwisata. Banyuwangi In Your Hand merupakan sebuah inovasi untuk memberi kemudahan bagi wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Sekaligus ini sesuai dengan perilaku pasar industri wisata yang hampir semuanya telah terdigitalisasi,” kata Anas di Banyuwangi, baru-baru ini. Anas menjelaskan bahwa Banyuwangi in Your Hand menggunakan teknologi realitas tertambah (Augmented Reality/AR) dan realitas virtual (Virtual Reality/VR). 

Aplikasi  ini menyediakan konten video, animasi, dan 3D yang terhubung dengan Google Maps.  Dengan aplikasi Banyuwangi In Your Hand, ketika kamera ponsel yang telah terhubung dengan GPS diarahkan sesuai arah angin maka di layar ponsel akan tampil profil lokasi tempat publik, wisata, kuliner, dan lainnya,” ujar Anas.

Anas pun mempraktikkan penggunaan aplikasi ini di telepon pintar berbasis android miliknya. Saat kamera dihadapkan ke arah timur, layar telepon menampilkan berbagai ikon di lokasi destinasi yang ada bagian tersebut seperti Pantai Boom, Pasar Banyuwangi, dan Taman Blambangan. Ketika salah satu ikon diklik, langsung muncul penunjuk arah jalan menuju tempat tersebut dan jaraknya. Klik berikutnya, akan memunculkan informasi seputar tujuan wisata itu. “Aplikasi ini akan sangat memudahkan bagi wisatwan yang datang ke Banyuwangi, khususnya yang baru pertama kali berkunjung. Detail dari lokasi-lokasi wisata di Banyuwangi bisa dilihat di aplikasi ini,” kata Ketua Umum Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Jawa Timur itu.

Kepala Dinas Pariwisata Banyuwangi Yanuar Bramuda mengatakan aplikasi itu menampilkan gambaran tiga dimensi kondisi lingkungan yang sebenarnya seketika, namun tampilannya lebih baik dan lebih detail daripada fitur Google. “Banyuwangi in Your Hand bisa melihat seluruh isi di Banyuwangi,” kata Bramuda.

Dia mengatakan aplikasi itu akan dihubungkan dengan aplikasi serupa seperti Europe in Your Hands dan Australia in Your Hands, berpromosi dengan memungkinkan warga Eropa dan Australia mengakses aplikasi informasi wisata Banyuwangi.

sumber  http://tirto.co.id