Jerman Pasang Lampu Lalu Lintas Khusus Pengguna “Smartphone”

Jakarta (Kompas) – Sekarang ini masyarakat sibuk melihat smartphone sambil berjalan di tengah kota. Padahal hal seperti itu sangat berbahaya untuk keselamatan dirinya dan orang lain. Untuk itu, Pemerintah Kota Augsburg pun memutuskan untuk memasang lampu lalu lintas khusus untuk pengguna smartphone.

Lampu lalu lintas yang terpasang letaknya bukan di tiang seperti umumnya lampu lalu lintas, tapi di bawah, tertanam di trotoar seperti pembatas jalan. Seperti dirangkum KompasTekno dari The Washington Post, Senin (2/5/2016)

Dengan begini, para pejalan kaki yang sibuk menunduk karena memandangi layar smartphone diharapkan tak luput melihatnya. “Kami menyadari bahwa lampu lalu lintas biasa tak lagi berada dalam pandangan para pejalan kaki belakangan ini,” kata seorang anggota dewan kota Augsburg bernama Tobias Harms.

Sejauh ini, lampu lalu lintas untuk pejalan kaki yang sibuk dengansmartphone itu sudah dipasang di dua pemberhentian trem. Lampu-lampu akan berkedip dengan warna merah apabila ada trem yang tengah melaju.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2016/05/02/12350067/Jerman.Pasang.Lampu.Lalu.Lintas.Khusus.Pengguna.Smartphone.