Awas! Berlebihan Gunakan Smartphone Dapat Ubah Bentuk Mata Pengguna

JAKARTA Saat televisi dan monitor komputer digunakan, pengguna selalu diingatkan untuk tidak duduk terlalu dekat dengan layar demi kesehatan mata. Nah, kini dengan hadirnya smartphone , orang dihadapkan dengan layar smartphone tiap waktu, baik siang maupun malam. Namun tidak banyak pengguna yang sudah menyadari dampak buruk melihat layar smartphone terus-menerus terhadap mata. Ternyata, dampaknya tidak sesederhana yang dipikirkan.

Dalam wawancara Wired dengan seorang ahli mata Andrew Bastawrous pada Minggu (2/7/2017), dikatakan penggunaan smartphone bisa membuat bentuk mata penggunanya berubah serta menyebabkan mata rabun dan lamur.

“Banyak orang menjadi lebih cepat rabun sejak satu dekade yang lalu. Implikasi dari hal ini bukan hanya berarti lebih banyak orang yang butuh kacamata, namun ini adalah kondisi patologis,”  kata Bastawrous.

Ia mengatakan, kondisi myopia epidemic (mata lamur) ini terjadi karena ukuran bola mata membesar, terutama pada populasi keturunan Asia. Miopia menyebabkan orang berpotensi menderita kerusakan penglihatan seperti glaukoma atau permasalahan retina lainnya.

Menurut Bastawrous, kondisi ini hampir ditemui di seluruh dunia, terutama di Asia. Bahkan, di Singapura, lebih dari 90 persen anak sekolah terkena rabun yang pada gilirannya dapat berubah menjadi miopia (mata lamur).

Ia mengatakan, “Hal tersebut terjadi karena orang makin banyak yang membaca dari jarak dekat, terutama dengan smartphone yang dapat membuat mata menjadi cepat rabun. Tentunya, kondisi ini juga didorong oleh hal lain, misalnya saja saat orang lebih sedikit menghabiskan waktu di luar ruangan.”

Bisa dibilang, penggunaan smartphone berlebih serta jarang berada di luar ruangan jadi faktor pendorong pada mata rabun dan lamur. Untuk itu, Bastawrous yang juga founder PEEK Vision itu mengingatkan agar mengurangi waktu di depan layar smartphone , terutama bagi anak-anak. Selain itu, dia juga menyarankan agar anak di sekolah lebih banyak menghabiskan waktu di luar kelas.

selengkapnya : http://liputan6.com