Pertemuan Rusia-ASEAN

Jakarta-Rusia dan ASEAN telah menjalin kerja sama dibeberapa bidang seperti ekonomi, pendidikan, sosial budaya dan pertahanan, kerjasama tersebut adalah hasil hubungan anntara kedua belah pihak sejak tahun 1996, selama 20 tahun.

Pemerintah Rusia mengumumkan akan menggelar pertemuan tinggi Rusia-ASEAN guna memperingati kerjasama Rusia-ASEAN yang telah terjalin selama 20 tahun, pertemuan tersebut akan digelar pada mei 2016 di Sochi,Rusia.

Hal tersebut disampaikan Duta Besar (Dubes) rusia untuk Indonesia, Mikhail Guluzi, dimana presiden RI Joko widodo dan Vladimir Putin yang merupakn presiden Rusia, di pastikan akan hadir pada pertemuan tersebut.

Dalam pertemuan tersebut akan membahas kerjasama yang sudah terjalin, selain itu gagasan konsultasi tiga belah pihak antara Eurasian Economic Union, dan Sanghai Comperation yang pernah diutarakan Putin tahun lalu juga diusulkan untuk dibahas.

“Salah satu poin yang ingin kita sampaikan adalah mengenai kerjasama antara Eurasian Economic Union, ASEAN, dan Sanghai Comporation. Ini adalah sebuah agenda yang sangat penting,sebuah dorongan untuk integrasi ekonomi”, tandas Galuzin seperti yang dilansir pada okezone.com belum lama ini. (dwi)

Sumber