Yang Baru dari Bakteri Antartika

Marinomonas primoryensis adalah bakteri yang memiliki protein pengikat es atau ice-binding protein yang dikenal sebagai MpIBP. Setelah bertahun-tahun menjadi teka-teki, Ida Braslavsky dari Univeristas Herbrew Jerusalem menemukan fungsi dari protein tersebut. Fungsi dari protein tersebut adalah untuk menempel pada es yang melayang.

Percobaan dilakukan dengan meletakkan Marinomonas primoryensis ke ruang aliran mikrofluida dengan kawat tembaga pada suhu nol dan diletakkan pada tengah ruang tersebut. Dengan fotomikro didapatkan bakteri menempel pada kristal es, ketika diberi antibodi yang menghambat kerja protein pengikat es terlihat bakteri lepas dari es. Ini menunjukkan bahwa protein yang terbentuk seperti pacing yang memiliki kait diujungnya membuat bakteri dapat menempel pada es di habitatnya. Ini adalah molekul adesi pada bakteri yang ditemukan melekat pada es.

Keunikan dari bakteri yang menempe pada es ini adalah kemampuannya untuk menempel pada es dan menjaga bentuk es dan saat musim panas di antartika. Jika diteliti atau dikembangkan kembali, kemungkinan dengan rekayasa genetika bakteri ini bisa dijadikan sebagai bahan untuk kesahatan dan pengobatan.

 

Sumber: