Sulit Nyenyak Saat Tidur? Berikut Tips Mengatasinya!

JAKARTA – Hallo sobat Unas! Siapa diantara kalian yang sulit tidur? Memang, kualitas tidur yang buruk adalah masalah yang dialami banyak orang. Terkadang, kita sulit untuk tidur meskipun susah memejamkan mata berjam-jam lebih. Namun banyak cara untuk mengatasi hal tersebut iho. Dilansir laman Telegraph, dalam penelitian yang dimuat dalam jurnal Sleep, Science Practice, ada hal – hal praktis yang bisa dilakukan saat ingin mendapatkan kualitas tidur yang tinggi, diantaranya :

Kaos kaki

Manusia dapat mengatur suhu tubuhnya sendiri dan tubuh dapat memastikan bahwa organ di dalamnya bekerja dalam suhu yang benar. Masa tidur adalah saat tubuh berada pada suhu yang rendah. Bagian kaki memiliki beberapa pembuluh darah untuk menjaga suhu tubuh. Jika kedinginan, coba gunakan kaos kaki saat tidur. Jika kepanasan, sebaiknya melepasnya.

Jangan tidur di dekat handphone

Kebanyakan orang saat ini tidak bisa hidup jauh dari handphonenya, bahkan hingga menjelang waktu tidur. Berdasarkan laporan dari Ofcom tahun 2014, delapan dari 10 orang saat ini sangat dekat dengan handphoneBlue light yang ditranmisikan dari handphone bersifat simultan seperti cahaya matahari yang dapat membuat Anda susah tidur.

Jadi, usahakan untuk meletakkan handphone sejauh mungkin dari tempat tidur. Hindari menggunakan handphone 30 menit sebelum tidur. Meminum teh dan membaca buku lebih baik, ketimbang menggeser-geser layar handphone.

Hindari ngemil malam hari

Dengan makan di malam hari, sistem pencernaan menjadi aktif dan membuat tubuh sulit untuk mulai beristirahat. Jika ingin ngemil di malam hari, sebaiknya konsumsi makanan kaya magnesium seperti alpukat atau sayuran. Jangan memakan maknaan yang berat. Sebuah penelitan menunjukkan bahwa magnesium dapat meningkatkan kualitas dan durasi tidur bagi penderita insomnia.

Mempersiapkan hari esok

Kecemasan dapat membuat kualitas tidur menurun. Gary Zammit, PhD, direktur Sleep Disorder Institute, New York menyarankan Anda melakukan satu rutinitas malam hari, salah satunya dengan mempersiapkan segala hal yang diperlukan untuk hari esok seperti merapihkan isi tas, menyiapkan baju, atau bekal untuk esok hari.

Meditasi

Meditasi dikenal baik untuk mengaktifkan sistem saraf otak yang berkaitan dengan pencernaan dan pernapasan. Meditasi juga dapat mengurangi stres, penyebab susah tidur.

Mandi air dingin

Dengan mandi air dingin, suhu tubuh menjadi lebih rendah. Suhu tubuh rendah membuat otak mengrimkan sinyal pada tubuh untuk beristirahat.

selengkapnya : http://viva.co.id