Dementia, Penyebab Kematian Utama

Di negara Inggris dan Wales yang merupakan bagian dari United Kingdom (UK), Dementia dan penyakit Alzheimer sudah mengambil alih sakit jantung sebagai penyandang penyebab kematian.

Tahun lalu terdapat 61.000 orang meninggal karena dementia, 11,6% dari keseluruhan penyebab kematian. Dokter sudah mengidentifikasi bahwa kematian yang disebabkan oleh sakit jantung dan penyebab lainnya sudah menurun, dan dementia mulai bertambah sebagai penyebab kematian. Menurut Kantor Statistik Nasional dementia terjadi karena populasi yang menua.

Peneliti Alzheimer UK, Hilary Evans mengatakan bahwa Dementia bukanlah penyakit penuaan, ini adalah penyakit yang bisa dilawan dengan penelitian dan peneliti harus berusaha karena ini menjadi tantangan untuk dunia kesehatan.

Tanda-tanda mulai terkena dementia dapat dilihat ketika penderita berjuang untuk mengingat acara yang baru saja ada, susah untuk mengikuti berita dan acara televisi, melupakan nama orang dan barang, tidak bisa mengingat hal yang dilihat atau didengar, lupa mengatakan apa yang ingin dikatakan di tengah pembicaraan, mempunyai masalah dalam berpikir, merasa gelisah atau depresi, merasa bingung di lingkungan yang sering dikunjungi, dan orang laini mulai merasa penderita mudah lupa.

 

Sumber: http://www.bbc.com/news/health-37972141