Bakteri Predator Hilangkan Bakteri Penyakit

Bakteri yang memakan bakteri lain selain dari koloninya sendiri bisa dijadikan sebuah senjata baru untuk bakteri perusak.

Rekasi tahan antibiotik pada bakteri membuat para peneliti memikirkan cara lain untuk melakukan pengobatan. Cara ini dianggap baik untuk melakukan di bidang kesehatan. Bdellovibrio adalah bakteri yang bergerak dan masuk ke dalam bakteri lain dan menghancurkan bakteri tersebut dari dalam.

Imperial College London dan Universitas Nottingham mencoba menggunakan Bdellovibrio ini untuk membunuh bakteri pada makanan beracun sepeti Shigella. Shigella merupakan bakteri penyakit yang berbahaya hingga kematian.

Tes pada telur ikan yang terdapat Shigella didalamnya didapatkan hasil telur ikan yang selamat hanya 25% dari keseluruhan telur yang ada. Tetapi ketika telur ikan yang memiliki Shigella dan diberi Bdellovibrio mampu bertahan sampai 60%. Tidak ada efek samping pada ikan hasil dari telur yang terdapat Bdellovibrio.

Diinginkan agar bakteri ini bisa memburu bakteri yang sudah menyebar keseluruh tubuh juga, tetapi sampai saat ini Bdellovibrio hanya bisa untuk infeksi luka. Sistem kerja Bdellovibrio adalah memberi sinyal kepada imun untuk menyerang bakteri yang berbahaya. Dilakukan penelitian lebih lanjut agar bakteri Bdellvibrio berguna untuk penyakit yang lain.

 

Sumber: http://www.bbc.com/news/health-38077263