Gempa New Zealand: Dua Orang Meninggal

Gempa terjadi di New Zealand pada Minggu (13/11) berkekuatan 7.8 skala Ritcher. Gempa terjadi setelah tengah malam (11:02 GMT). Gempa terjadi di bagian timur laut dari Christchurch, Selandia Baru. Dua jam kemudian gempa disusul dengan tsunami. Polisi mengatakan terdapat dua korban pada saat gempa, satu korban berlokasi di kota Kaikoura dan seorang lagi di Gunung Lyford.

Tsunami setinggi 2,5 meter terjadi pada pagi hari. Setelah gempa masih menyusul gempa-gempa yang lain, sekolah dan kantor masih ditutup selama petugas masih memeriksa keadaan dari gempa yang terjadi.

Banyak rumah yang rusak, alat komunikasi tidak berfungsi dan jalan patah dan terbuka. Banyak dari orang-orang masih menunggu di luar setelah gempa besar dan gempa susulan lainnya.

New Zealand berada di jalur cincin api sehingga gempa sering terjadi. Pada tahun 2011, gempa menewaskan 185 orang dan menghancurkan kota Christchurch. Salah seorang penduduk, Hayley Colgan menyebutkan bahwa gempa yang sekarang adalah gempa terbesar yang pernah dia alami selama 23 tahun hidup di New Zealand.

 

Sumber: http://www.bbc.com/news/world-asia-37967178