Penipuan Lowongan Kerja di Sektor Migas Kerap Terjadi

Jakarta – Memiliki karier dan prospek kerja yang sesuai dengan apa yang kita idam – idamkan tentulah menjadi sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Setiap tahunnya ribuan sarjana – sarjana muda dari seluruh universitas yang ada di Indonesia baik negeri maupun swasta berlomba – lomba  untuk mengadu nasib di berbagai perusahan bergengsi di Jakarta. Salah satu sektor yag sangat diminati oleh banyak pencari kerja adalah sektor Minyak dan Gas Bumi ( Migas), beberapa perusahaan Migas besar yang berkantor di Jakarta terbukti masuk kedalam daftar perusahaan dengan gaji karyawan tertinggi periode tahun 2016.

Namun besarnya antusiasme para sarjana muda untuk masuk kedalam perusahaan migas tersebut  dimanfaatkan oleh beberapa oknum pembuat lowongan kerja fiktif untuk melakukan penipuan terhadap para pencari kerja. Seperti yang terjadi baru – baru ini penipuan lowongan kerja di perusahaan hulu minyak dan gas bumi kembali terjadi. Terakhir, terjadi penipuan penerimaan pegawai dengan mengatasnamakan CNOOC, salah satu perusahaan migas asal China, yang kasusnya sudah dilaporkan Kepolisian.

Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), Amien Sunaryadi, menjelaskan, dalam proses rekrutmen oleh SKK Migas maupun perusahaan hulu migas yang menggunakan konsultan rekrutmen yang ditunjuk, tidak pernah dipungut biaya atau pembayaran dalam bentuk apapun. Bahkan, SKK Migas dan perusahaan migas tidak pernah menunjuk biro perjalanan (travel agent) tertentu untuk melakukan pemesanan maupun menerima pembayaran dalam bentuk apapun untuk transportasi darat, laut, maupun udara dalam proses rekruitmen.

“Jika diminta melakukan pemesanan dan pembayaran dalam bentuk apapun, dipastikan itu penipuan,” kata Amien dikutip dari keterangan resminya, Rabu ( 14/6).

Dalam kasus terakhir, beredar rekrutmen calon pegawai dari CNOOC. Untuk peserta dari luar Jakarta, diminta mengganti biaya transportasi. Panitia mengklaim bekerja sama dengan agen perjalanan PT Express Tour & Travel dengan penanggung jawab Windarso dengan nomor kontak 0852-9858-1991.

“Kami klarifikasi ke CNOOC, mereka menyatakan tidak ada proses perekrutan pegawai. Jadi ini penipuan,” kata Amien.

Amien berharap, masyarakat yang menerima informasi lowongan kerja di perusahaan migas dapat lebih berhati-hati dan melakukan cek dan ricek agar tidak menjadi korban penipuan.

Selengkapnya di : http://viva.co.id