Visitasi Program Studi Fisika Oleh Tim Asesor BAN-PT

JAKARTA ( UNAS)  – Program studi Fisika, Fakultas Teknik dan Sains (FTS) Universitas Nasional (UNAS) mendapat kunjungan dari tim asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka visitasi re-akreditasi, Jumat-Sabtu (7-8/10).

Visitasi tersebut menghadirkan dua tim asesor yakni Arief Hermanto, SU., M.Sc. dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Drs. Jonan Andoyo Effendi Noor, M.Sc., Ph.D. dari Universitas Brawijaya (UB) Malang. Kedatangan tim tersebut disambut oleh Dekan Fakultas Teknik dan Sains UNAS, Basori, S.T., M.T. serta para dosen dari Fakultas Teknik dan Sains.

Diawal sambutannya, Dekan mengucapkan selamat datang kepada para asesor di Ruang Sidang FTS. Lalu ia memperkenalkan para pimpinan fakultas, ketua prodi, serta para dosen dari program studi Fisika. Kepada para asesor, Dekan kemudian menjelaskan seputar pendirian prodi Fisika maupun kondisi terkini fakultas.

Dalam proses visitasi ini, tim asesor akan melakukan klarifikasi isi borang yang mereka terima dengan melihat secara faktual terutama terkait dengan fasilitas pembelajaran.  Pada kesempatan yang sama, Dekan FTS telah menjelaskan pihaknya telah melakukan persiapan dalam rangka reakreditasi ini.

Tim asesor selain melakukan komunikasi, tanya jawab dan pemeriksaan bukti fisik kegiatan akademik di fakultas, prodi, dan juga melakukan peninjauan pada sarana kampus yang ada di fakultas seperti ruang perkuliahan, perpustakaan, laboratorium serta biro-biro dan prasarana penunjang lainnya.

Proses visitasi berguna untuk meningkatkan mutu pengelolaan akademik di instansi kependidikan agar lebih baik lagi kedepannya. Verifikasi dan validasi dilakukan oleh kedua asesor terhadap data yang telah tertulis di borang yang diajukan. 7 standar beserta borang yang menggambarkan kondisi nyata program studi merupakan berkas-berkas yang diakses oleh kedua asesor.

Akreditasi prodi S1 Fisika sendiri sebelumnya adalah ‘B’. Hasil dari penilaian biasanya tidak tentu, paling cepat adalah satu bulan atau lebih. Jika hasilnya sudah keluar, akreditasi Program Studi Fisika akan disahkan melalui SK BAN-PT. Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh program studi maupun Perguruan Tinggi sebagai sebuah instansi pendidikan.  

Baca Juga :   Magister Ilmu Hukum Diskusi Pentingnya Jaminan Sosial bagi Pekerja Indonesia
Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!