Mahasiswa Pascasarjana Biologi UNAS Raih Juara Cerpen Tingkat Nasional

JAKARTA – Ahmad Baihaqi, mahasiswa program studi magister Biologi sekolah pascasarjana Universitas Nasional (UNAS) dari Education and Outreach Officer Yayasan KEHATI meraih juara 3 lomba menulis cerpen tingkat nasional bertajuk ‘Time4Tigers’, Sabtu, (29/7). Pria kelahiran Jakarta, 15 September 1993 ini berhasil menarik perhatian juri dengan karyanya dalam rangka Global Tiger Day (hari harimau sedunia) yang diperingati setiap tanggal 29 Juli setiap tahunnya.

Melalui judul ‘Bukan Inginku’, ia mengisahkan seorang pengusaha yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit seluas 4.000 ha yang akhirnya sadar ingin merestorasi setengah perkebunannya menjadi hutan sebagai habitat Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae). Lomba ini, diikutinya sebagai salah satu upaya edukasi kepada masyarakat tentang pelestarian Harimau Sumatera beserta habitatnya. Mengingat keberadaan Harimau Sumatera di alam statusnya krisis atau sangat terancam punah.

Harimau Sumatera merupakan salah satu subspesies Harimau yang ada di Indonesia. Dari 9 subspesies Harimau di dunia, 3 diantaranya ada di Indonesia. Harimau Sumatera merupakan Harimau terakhir di Indonesia setelah dinyatakan punahnya 2 subspesies lainnya, yaitu Harimau Bali (Panthera tigris balica) pada tahun 1973 dan Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) pada tahun 1970.  Konversi lahan, perburuan liar dan perdagangan bagian tubuh harimau masih sering terjadi dan merupakan faktor dari  kepunahan tersebut.

“Dengan adanya perayaan Global Tiger Day semoga kesadaran masyarakat meningkat mengenai pentingnya hidup harmonis dengan alam. Saya juga berharap setelah mengikuti lomba ini semakin banyak generasi muda yang perduli dengan alam semesta beserta isinya. Dan bergotong-royong mengenalkan serta melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia” ungkapnya.

Lomba ini diselenggarakan oleh Forum HarimauKita, Zoological Society of London (ZSL), Kawan Imau, dan Tiger Heart Jambi serta diikuti oleh 28 peserta khususnya daerah Sumatera dan Jawa. Tidak ada syarat khusus untuk mengikuti lomba ini, peserta hanya mengirimkan karyanya melalui Email kepada panitia. Atas kemenangannya, pria yang memiliki hobi birdwatcher dan wildlife photographer tersebut mendapatkan piagam penghargaan, T-shirt kawanimau, dan hadiah berupa uang tunai.(*nis)

Baca Juga :   Duta Besar Indonesia untuk Tunisia, Prof Ikrar Nusa Bhakti Kagum Terhadap Lulusan UNAS
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!