Mahasiswa Biologi Belajar Jadi Field Biologist

Jakarta (UNAS) – Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Nasional (FABIONA) melakukan pengenalan cara bertahan hidup di hutan dengan kegiatan introduksi kerja lapangan (IKL) berlokasi di Camp Dam Cidahu, Sukabumi, Gunung Halimun Salak. Kegiatan ini diadakan selama tiga hari pada jumat hingga minggu (13-15/1). IKL ini bertujuan untuk mengajarkan dasar dan cara kerja lapangan yang akan dibutuhkan para field biologist selama berada di dalam hutan terutama pada saat pengambilan data.

Materi IKL yang diajarkan adalah navigasi, cara membuat bivak (tenda darurat yang dibuat dari tanaman hutan), cara untuk survival (bertahan hidup di hutan untuk makan, mencari minum, dan pengobatan), P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan), studi kasus, dan yang terpenting adalah mencoba menggunakan panca indera dengan baik. “Dengan materi-materi yang diberikan, diharapkan IKL ini diharapkan bisa memperkenalkan kegiatan lapangan yang akan mereka lakukan mulai dari sekarang untuk membangun kerja sama, keperduliaan, dan saling percaya di dalam angkatan peserta,” ungkap salah satu panitia IKL, Aulia Putri Sundari. Penanggung jawab atau panitia pada IKL ini terdiri dari angkatan 2014 dan 2015, sedangkan peserta dari mahasiswa semester satu atau angkatan 2016, dan pemateri dari angkatan 2013.

Selain materi di atas, peserta juga diajarkan untuk membangun stamina mereka dengan tidak menggunakan alat transportasi selama kegiatan. IKL ini juga membantu para peneliti muda supaya tidak terkejut pada saat mengambil data sebenarnya di lapangan. Dengan diajarkan bagaimana menggunakan panca indera yang baik mulai dari penglihatan, pendengaran, perasa, peraba, dan penciuman sehingga para field biologist dapat mengambil data dengan baik, bertahan hidup, dan aman selama perjalanan.

Peserta sangat antusias dengan kegiatan ini, mereka mendengarkan penjelasan materi dengan baik. Salah satu peserta, Silvia Hasan mengatakan bahwa kegiatan IKL ini menambah wawasan bagaimana kondisi saat mengambil data dan membuat peserta paham untuk mengatur ketahanan tubuh sendiri.

Baca Juga :   YUDISIUM FAKULTAS HUKUM 'SUKSES TIDAK SEKEDAR CERDAS'

IKL merupakan salah satu urutan kegiatan pembekalan materi pada saat pengambilan data yang biasa diberikan kepada mahasiswa baru FABIONA di akhir semester satu. Kegiatan ini akan dilanjutkan dengan KI (karya ilmiah) pada akhir semester 2, PDL (pengenalan dasar lapangan) pada akhir semester 3, SBL (studi biologi lapangan) pada akhir semester 4, dan KKL (kegiatan kerja lapangan) yang masuk dalam pembelajaran pada semester 6.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh dosen pembimbing akademik 2016, Sri Suci Utami Atmoko. “FABIONA selalu dikenal dengan field biologist, di IKL ini para peneliti muda mendapatkan bekal pertama untuk menjadi biologist yang tangguh di lapangan, paham makna bersahabat dengan alam, disiplin namun tetap low profile,” ungkap Suci. (Nbl*)

Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!