Deteksi Dini Kanker Serviks Ala Paguyuban Perempuan Universitas Nasional

JAKARTA (UNAS) – Penyakit kanker serviks atau kanker leher rahim merupakan momok yang menakutkan bagi wanita. Pasalnya, kanker ini merupakan salah satu penyebab kematian wanita terbanyak di dunia, yang menempati posisi kedua setelah kanker payudara. Perkembangannya yang sulit dideteksi menyebabkan penyakit ini juga sering disebut silent killer.

Untuk meningkatkan kewaspadaan perempuan terhadap kanker serviks, Paguyuban Perempuan Universitas Nasional menggelar acara Papsmear yang diadakan bertepatan dengan acara rutin arisan bulanan Paguyuban Perempuan Universitas Nasional pada Kamis (10/3) dan juga memperingati Hari Perempuan Internasional yang jatuh Selasa (8/3).

‘’Papsmear adalah pemeriksaan untuk mendeteksi secara dini penyakit kanker serviks pada wanita yang sudah menikah atau yang sudah berhubungan seksual. Dengan test ini kita bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker,   sehingga bisa dilakukan tindakan sebelum keluhannya menjadi bertambah berat,’’ ungkap Ketua Paguyuban Perempuan Universitas Nasional, dr. Lisa Suralaga, Jumat (11/3).

Bertempat di klinik Universitas Nasional, pemeriksaan papsmear ini bekerjasama dengan Yayasan Kanker Indonesia (YKI). Pihak YKI menurunkan satu dokter dan bidan. Menurut Lisa, terdapat 32 peserta yang mendaftar, namun hanya 21 orang yang melakukan papsmear, karena ada yang berhalangan. Ke depannya, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi agenda rutin Paguyuban Perempuan Universitas Nasional.

‘’Mudahan-mudahan kegiatan ini dapat rutin dilakukan setiap tahun, agar kesehatan karyawan dan dosen wanita Universitas Nasional terutama kesehatan organ reproduksinya dapat terjaga,’’ ujar Lisa.

Bahaya kanker serviks juga diungkapkan oleh Kementerian Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. Menurut Kementerian, berdasarkan data IARC (International Agency For Research on Cancer) tahun 2002 di Indonesia setiap hari terdapat 40-45 kasus baru kanker serviks dan menyebabkan 20-25 kematian/ hari. Artinya, setiap jam ada satu kematian karena kanker serviks di Indonesia. Hampir 70 persen kanker serviks di Indonesia ditemukan sudah dalam stadium lanjut sehingga survival rate nya rendah dan biaya perawatannya mahal.

Baca Juga :   Industri Wisata Lokal Lesu, Prodi Pariwisata UNAS Promosikan Indahnya Alam Sumba Barat

Proses perjalanan dari infeksi virus menjadi kanker serviks membutuhkan waktu cukup lama, sekitar 10-20 tahun. Proses ini seringkali tidak disadari hingga kemudian sampai pada tahap pra-kanker tanpa menimbulkan gejala. Oleh karena itu pemahaman terhadap penyakit kanker serviks oleh kaum wanita di Indonesia sangat dibutuhkan. (*)

 

 

Berita Terbaru
Berita

Pernyataan Sikap Pimpinan UNAS

HUBUNGAN MASYARAKAT UNIVERSITAS NASIONAL Jl. Sawo Manila No. 61, Pejaten Pasar Minggu Jakarta Selatan 12520   Siaran Pers                    No.040/MPR/SP/IV/2024   Menyikapi

Read More »

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!