Bedah Desa Bersama Mahasiswa Administrasi Negara

JAKARTA ( UNAS) –  Untuk meningkatkan kepedulian kepada masyarakat Universitas Nasional melalui Program Studi Administrasi Negara ( AN) melaksanakan bedah desa yang diadakan selama tiga hari pada 17- 19 Januari 2017 bertempat di Dusun Cikoneng Desa Ubrug  Kecamatan Warungiara Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Kegiatan yang diikuti sebanyak  70 mahasiswa dengan didampingi oleh 4 orang  dosen dari program studi administrasi negara ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa saling tolong – menolong antar sesama serta guna mencari solusi dari setiap masalah yang ada dimasyarakat khususnya di daerah pedesaan.

Ditemui  di kampus Universitas Nasional, Ketua Program Studi Administrasi Negara  (AN) Dr. Akhmad Mukhsin, M.Si. mengatakan bahwa kegiatan bedah desa ini adalah bentuk aplikasi dari teori – teori yang berkaitan dengan permasalahan yang ada di masyarakat seperti pendidikan dan kesehatan dengan cara terjung langsung ke pemukiman warga yang dalam hal ini desa ubrug sukabumi, sehingga mahasiswa dapat langsung mengetahui keadaan dan realita yang sedang dialami oleh masyarakat. Disana para mahasiswa diwajibkan untuk ikut serta dalam segala aktivitas yang biasa dilakukan oleh masyarakat desa Ubrug, seperti bercocok tanam ke sawah ladang serta bagaimana kondisi sekolah – sekolah serta fasilitas  peribadatan mereka seperti musholla dan masjid.

Setidaknya ada dua hal yang menjadi fokus kita didalam kegiatan kali ini, ungkap Mukhsin,  diantaranya adalah Pendidikan dan Kesehatan. Untuk pendidikan mahasiswa AN memberikan penjelasan dan informasi mengenai pentingnya pendidikan didalam meningkatkan mutu dan taraf hidup masyarakat. Sebab, lanjutnya, hanya dengan pendidikanlah kondisi suatu bangsa dapat diubah.

‘’Disana kita juga tak lupa mensosialisasikan akan pentingnya kesehatan diantaranya penggunaan BPJS sebagai solusi bagi rakyat kecil akan  jaminan kesehatan mereka. Saya beserta mahasiswa maupun para dosen yang ikut dalam kegiatan bedah desa kali ini sangat terkejut akan sambutan warga desa Ubrug yang begitu antusias didalam mendampingi seluruh kegiatan yang kita lakukan disana,” ungkapnya

Baca Juga :   Akselerasi Pencapaian IKU 6, Biro Kerja Sama Unas Adakan Coaching Clinic
Berita Terbaru

Jadwal pelaksanaan PLBA T.A 2023/2024

Hari : Kamis 

Tanggal : 21  September 2023

Pukul : 07.00 – 16.05 WIB

Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FISIP
  2. FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
  3. HUKUM
  4. FAKULTAS BIOLOGI DAN PERTANIAN
  5. FAKULTAS TEKNIK DAN SAINS

Hari : Jum’at

Tanggal : 22  September 2023

Pukul : 07.00 – 14.30 WIB

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

FAKULTAS

  1. FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
  2. FAKULTAS TEKNOLOGI KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA
  3. FAKULTAS ILMU KESEHATAN

Tempat : Auditorium Universitas Nasional

Chat with Us!