Sri Mulyani Yakin Indonesia Jadi Ekonomi Terbesar ke-5 Dunia

JAKARTA –  Dinamika perekonomian global yang melanda negara – negara diseluruh dunia turut pula dirasakan oleh Indonesia saat ini. Pertumbuhan ekonomi Indonesia diangka 5,3 % pada kuartal 2017 ini turut mengundang rasa kepercayaan diri semua kalangan tak terkecuali Menteri Keuangan Indonesia Sri Mulyani. Ia mengatakan tahun 2045 atau tepat 100 tahun sejak Indonesia merdeka di tahun 1945, Indonesia bisa menjadi negara dengan perekonomian terkuat dan terbesar nomor 5 di dunia. Mantan Direktur Bank Dunia ini melanjutkan, banyak potensi yang bakal tumbuh di jelang tahun tersebut.

Pada 2045 sendiri, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut memperkirakan untuk potensi penduduk Indonesia bakal lebih dari 300 juta jiwa dengan usia produktif mencapai 52%. Sementara untuk kelas menengah bisa mencapai 82%.

“Dengan kita menjadi negara dengan perekonomian terbesar nomor 5, dipastikan income per kapita kita akan mendekati USD30 ribu,” ujar Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta Selasa (14/3) malam.

Jika hal tersebut (angka kelas menengah) bisa direalisasikan, maka Indonesia bisa naik kelas di antara negara-negara ASEAN lainnya. Karena pencapaian tersebut merupakan suatu pencapaian yang sangat tinggi.

“Ini suatu kelas yang sangat tinggi dan mampu untuk menjadi basis pembangunan apapun di negeri ini karena size nya sangat besar,” katanya.

Namun dia menjabarkan, guna mewujudkannya harus dipastikan oleh adanya kerja sama dari seluruh stakeholder baik di pemerintahan, hingga pelaku usahanya. Bukan itu saja, dia juga menerangkan diperlukan mulai saat ini seperti infrastruktur, sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, kesiapan teknologi dan informasi, serta kebijakan-kebijakan.

“Sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang tak terpisahkan, ruang wilayah makin baik, kelembagaan pemerintahan punya tata kelola yang baik, dan sumber daya yang dikelola secara sustainable. Inilah masa depan Indonesia,” tandasnya. 

sumber: http://sindonews