Harga BBM Tak Akan Naik hingga September 2017

JAKARTA –  Harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan mengalami penaikan hingga September 2017 seperti yang dipaparkan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan. Hal tersebut terkait keputusan harga BBM yang ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Adapun jenis BBM yang tidak mengalami kenaikan adalah RON 88 premium dan BBM solar 48. Di mana harga BBM premiun saat ini Rp6.450 dan solar Rp5.150.

“Sudah ada (penetepannya) per 1 Juli. BBM Penugasan, pemium RON 88, pemerintah menetapkan harga ecerannya tidak naik tetap Rp6.450 sampai 30 September. Kalau yang Public Service Obligation (PSO), Solar 48 juga tetap Rp5.150. Ini sesuai arahan Presiden,” ujar Ignasius Jonan dalam keterangan resmi di Jakarta, Minggu (2/7/2017).

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyatakan, dari hitung-hitungan dan kalkulasi terakhir, pemerintah sudah memastikan pada Juli 2017, tidak ada kenaikan harga BBM.

Hal ini disampaikan usai menggelar sidang kabinet paripurna bersama dengan Menteri Kabinet Kerja yang membahas evaluasi harga-harga dan antisipasi mudik Lebaran.

“Dari hitung-hitungan kalkulasi terakhir kemarin, kita sudah memastikan bahwa pada bulan depan, bulan Juli, tidak ada kenaikan BBM. Karena sebetulnya kalkulasi kita kemarin keliatannya BBM akan naik. Tetapi setelah kita kalkulasi kembali, setelah kita hitung kembali, BBM bisa tidak kita naikkan. Termasuk di dalamnya BBM dan gas,” ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (22/6/2017) lalu.

selengkapnya : http://sindonews