Cara Kelola Gaji Bulanan yang Pas-pasan

Jakarta Bagi sebagian kita yang sudah bekerja terutama menjadi karyawan di sebuah perusahaan berikut kami berikan tips – tips bagaimana mengatur serta mengelola gaji bulanan yang  terbatas menjadi lebih efisien dan efektif agar bisa dialokasikan guna mencukupi kebutuhan yang paling utama. Setidaknya terdapat 6 hal penting yang perlu kita ketahui  Berikut dilansir dari  bisnis news.com

 1. Menyusun anggaran bulanan

 Cara ini pastinya sering Anda dengar di mana-mana, menyusun anggaran bulanan. Walaupun sering terdengar dan telah diketahui manfaatnya, banyak orang yang malas menyusun anggaran keuangan dengan alasan menyusun tersebut akan memakan waktu atau rencana tersebut tidak akan berguna. Padahal pada kenyataannya, memiliki rencana anggaran bulanan dapat membantu untuk berhemat.

Dalam menyusun anggaran bulanan tersebut, sebaiknya masukkan jumlah pengeluaran serta pendapatan Anda. Kemudian alokasikan pendapatan itu sesuai dengan prioritas. Idealnya, Anda harus fokus pada pembayaran tagihan/cicilan/utang, kemudian biaya layanan listrik, air dan telepon.

Setelah pengeluaran tetap tersebut, Anda dapat mulai menyediakan dana untuk belanja bulanan, uang transportasi dan uang makan serta untuk kebutuhan sehari-hari. Jangan lupa untuk menyisihkan dana untuk ditabung atau untuk diinvestasikan. 

Setelah mencatat seluruh pengeluaran, jika terdapat sisa, berarti uang tersebut dapat dipakai untuk rekreasi atau bersenang-senang.

  1. Terapkan kebiasaan hidup sederhana

Perilaku konsumtif merupakan alasan utama gaji tidak pernah cukup. Sebaiknya bedakan mana pengeluaran yang bersifat kebutuhan dan mana yang bersifat keinginan. 

Contoh perbedaan keinginan dan kebutuhan adalah jika ingin membeli rumah mewah, berarti Anda telah fokus pada pengeluaran bersifat keinginan dan kebutuhan adalah pada saat ingin membeli rumah seadanya.

Anda juga harus mampu mengendalikan diri untuk tidak tergiur oleh iklan atau promosi yang ditawarkan. Jangan merasa bahwa mendapatkan gaji berarti anda kaya sejenak dan menghamburkan uang tersebut secara boros. Anda harus disiplin pada rencana anggaran yang telah disusun sebelumnya.

  1. Tentukan target pengeluaran mingguan

Terkadang target bulanan sulit direalisasikan karena target tersebut merupakan target jangka panjang. Jika memang merasa kesulitan mengontrol pengeluaran bulanan, mulailah dari pengeluaran mingguan. 

Anda dapat menggunakan amplop yang berbeda untuk masing-masing pos kebutuhan. Simpanlah dana tersebut dalam bentuk tunai sehingga anda tidak perlu bolak balik menarik ke ATM. Target pengeluaran mingguan juga termasuk biaya transportasi, biaya makan dan belanja mingguan. 

Anda dapat menggunakan referensi rencana anggaran sebelumnya untuk mengetahui jumlah yang sesuai untuk masing-masing anggaran. Janganlah menyediakan dana yang terlalu berlebihan. Alasannya hal ini hanya mendukung anda untuk mengeluarkan lebih dan anda akan lebih konsumtif ketika berbelanja.

  1. Membuat rekening khusus tabungan

Untuk membantu mencegah diri dari menghabiskan uang tabungan, tidak ada salahnya memiliki rekening khusus tabungan. Anda dapat menyimpan kartu debit rekening ini di rumah sehingga tidak akan tergiur membelanjakannya.

Dengan cara ini, Anda pun akan lebih mudah menyimpan uang untuk dana darurat. Kebiasaan ini harus diterapkan sejak dini sehingga gaji bulanan anda dapat digunakan dengan benar. 

Secara tidak sadar, tabungan akan berkembang dari waktu ke waktu dan dapat digunakan pada saat tujuan tabungan tercapai atau ketika terdapat kebutuhan mendesak.

  1. Melunasi utang dan cicilan

Utang dan cicilan merupakan kewajiban, yang berarti Anda dituntut untuk melunasi utang atau cicilan tersebut. Utang dan cicilan patut menjadi prioritas anda karena telat membayar dapat membuat utang semakin menumpuk dan bertambah jumlahnya. 

Setelah mengalokasikan gaji bulanan untuk membayar utang dan cicilan, Anda dapat menggunakan sisa gaji untuk memenuhi kebutuhan pokok lainnya.

 

6.Disiplin dan taat pada rencana keuangan

Agar kondisi keuangan anda benar-benar pulih, Anda harus taat dan konsisten dalam melakukan rencana keuangan. Menerapkan sikap yang disiplin mulai dari mengelola gaji bulanan dapat membantu untuk mencapai kesejahteraan keuangan. 

Sumber :http://viva.co.id