unas
pioneering transformation
 
beranda > berita > detail berita
 

Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Untuk Mahasiswa Digelar

Evi Elfira - 16 Jan 2013, 17:50 WIB
 
   
 
Pelatihan Menulis Karya Ilmiah Untuk Mahasiswa Digelar | UNAS
Menuju Research University, Pusat Kajian Sosial dan Politik Universitas Nasional menggelar pelatihan menulis karya ilmiah bagi mahasiswa.
Jakarta (UNAS) - Mahasiswa merupakan agen perubahan dan agen intelelektual yang mempunyai nilai dan sifat orisinil. Nilai dan sifat orisinil mahasiswa tersirat dalam gagasan-gagasan yang muncul atas dasar pengalaman dan pengetahuannya. Mahasiswa mempunyai banyak cara untuk menyampaikan gagasannya, diantaranya dengan melakukan diskusi, musyawarah, advokasi dengan masyarakat, dan yang paling fundamental adalah menulis.

Berangkat dari kesadaran mengasah dan mengembangkan soft skill bagi mahasiswa, Pusat Kajian Sosial dan Politik Unas mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Program Kreatifitas Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Nasional yang diadakan pada 14- 16 Januari 2013 di Ruang Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Selasar, Lantai 3.

"Kegiatan ini sudah lama direncanakan dan akhirnya terlaksana pada minggu tenang sebelum Ujian Akhir Semester. Program Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Pusat Pusat Kajian Sosial dan Politik FISIP Unas merupakan program pelatihan pertama yang ada di Unas dengan harapan dapat menumbuhkan suasana akademik, membangun budaya akademik dan melahirkan mahasiswa dengan prestasi akademik", ungkap Nia Elvina, S.Sos.,M.Si selaku Ketua Pelaksana Kegiatan.

Mahasiswa yang menjadi peserta dalam kegiatan ini jumlahnya terbatas. Mereka dapat menjadi peserta dengan beberapa cara, diantaranya mendapat rekomendasi dari dosen, serta mendaftar kepada panitia kegiatan. "Banyak mahasiswa yang mendaftar pada kegiatan ini namun jumlah peserta terbatas. Untuk menentukan peserta kami melakukan proses seleksi", imbuh Nia.

Umumnya, imbuh Nia, mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti program pelatihan menulis karya ilmiah ini sudah distimulus untuk menulis dengan baik. Dengan sikap kritisnya, mahasiswa ingin meningkatkan potensi diri. Maka saat ditawarkan program ini, mereka langsung siap karena menganggap kegiatan ini sebuah kebutuhan dari awal bagi mahasiswa, dan karena mereka tahu bahwa menulis tidaklah mudah.

Narasumber dalam kegiatan ini merupakan dosen-dosen Unas yang juga Ketua Laboratorium Program Studi. Mereka adalah sosok-sosok penulis yang kualifikasi penelitiannya sangat baik, setiap tahunnya mereka melakukan penelitian dan menghasilkan karya tulis. Mereka adalah Dr. Erna Ermawati Chotim, M.Si., Dr. AF. Sigit Rochadi, M.Si., Dr. TB. Massa Djafar, M.Si., Dr. Anggraeni Primawati, dan Dr. Firdaus Syam.

Pada hari pertama kegiatan, mahasiswa yang terpilih menjadi peserta pelatihan diajarkan mengenai hakikat dan filosofi penelitian. Peserta harus tau apa yang mau mereka teliti dan tulis. Di hari kedua, peserta diajarkan membuat hal-hal yang mendasari penelitian dengan baik, seperti latar belakang, pokok permasalahan, tujuan penelitian, dan landasan teori. Di hari terakhir program kreatifitas mahasiswa ini, peserta diajarkan menggunakan metodologi dalam penulisan karya ilmiah, baik metodologi kualitatif dan metodologi kuantitatif, peserta diberikan tips dalam melakukan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif.

"Setelah menentukan tema, kita harus melakukan kajian pustaka dengan mencari literatur-literatur terkait dengan tema dan menginventariskannya. Setelah itu kita lihat daftar isi dan mulai mengklasifikasikannya untuk penulisan karya ilmiah kita. Kita juga harus menentukan kekuatan buku dengan melihat kata-kata kunci di dalam buku dan sumber-sumber ilmiah yang dapat dipercaya", papar Firdaus Syam saat menyampaikan materi metodologi penelitian. Firdaus juga memberikan tips, saat kita membaca buku, kita harus berdialog dengan buku untuk dapat memahaminya dan harus memiliki sikap mengkritisi dan melihat dari sisi lain.

Program Kreatifitas Mahasiswa ini tidak berhenti sebatas pelatihan menulis karya ilmiah, setiap 4 peserta akan dibimbing oleh 1 narasumber., dan peserta akan diberi waktu selama dua bulan untuk membuat karya tulis yang kemudian diseleksi untuk lomba menulis karya ilmiah oleh DIKTI di bulan September.
 
 

Berita Lainnya


19/09/2014
BBC Ardea Fabiona Ukir Prestasi di Lomba Bird Watching Merapi 2014
18/09/2014
FBS Unas Kembali Kirimkan Civil Ambassador ke Negeri Matahari Terbit
18/09/2014
UNAS - ARC Jajaki Pembentukan Jaringan Muslimah Peduli Air dan Sanitasi
17/09/2014
Tanamkan Nilai dan Budaya Hidup Bersih, LPPM UNAS Maksimalkan Peran Perempuan Islam
16/09/2014
RILIS FOTO
BUKTIKAN KOMITMEN, UNAS LAKUKAN TES URIN DAN RAMBUT
15/09/2014
MABA FISIP, Deklarasikan Gerakan Anti Narkoba
12/09/2014
Kembangkan Prodi Teknik Fisika, FTS UNAS Ikuti Workshop Sharing and Benchmarking se - Indonesia
12/09/2014
KOMNAS HAM: Dukung Universitas Nasional Ciptakan Atmosfer dan Lingkungan Akademik di Kampus
12/09/2014
SKORSING DAN DO TETAP BERLAKU DI UNIVERSITAS NASIONAL
09/09/2014
MUI Sesalkan Kematian Gajah di Aceh
 
tentang unas
 
jenjang akademik
kemahasiswaan
kerjasama
p2m
 
 
 
Tentang Unas
 
Jenjang Akademik
Fakultas / Akademi
 
Badan / Biro
Kemahasiswaan
 
Layanan
Kerjasama
 
P2M
 
Tautan Lainnya

Find us:
unas
Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
 
Telp: (021) 7806700
Faks: (021) 7802718
Email: info@unas.ac.id
 
Soc-med & Feed
 
 
Follow UnasonUnas Google+
RSS Berita
RSS Kegiatan
 

  best viewed at 1024x768 resolution Design and constructed by BPSI © 2011-2012 Universitas Nasional, all right reserved.