Yudisium FTS, Cetak Lulusan Profesional dan Berintegritas

 “Besar harapan kami bahwa semua ilmu keterampilan dan nilai-nilai kehidupan dapat menjadi bekal nyata secara professional serta bersinergi dan berintegritas baik ranah keluarga dan nasional,” ucap Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom, dalam sambutannya, (23/9).

JAKARTA – Dalam rangka pelepasan calon wisudawan dan wisudawati, Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional (FTS UNAS) menyelenggarakan yudisium, Sabtu (23/9). Kegiatan ini dilakukan secara internal oleh Fakultas Teknik dan Sains sebelum diadakannya pelepasan oleh UNAS secara simbolis yaitu pemindahan tali oleh rektorat Oktober mendatang.

“Perpisahan ini bukanlah akhir dari segalanya, ini hanya merupakan pelepasan bagi kalian yang telah menyelesaikan masa studi di FTS UNAS. Namun bukan berarti kita sudah putus hubungan, hanya saja anda dilepas, kami merasa sedih tapi juga bangga karena anda telah sukses dalam meraih jenjang pendidikan sarjana,” ujar Basori, ST., MT. selaku Dekan FTS dalam sambutannya.

Ia berharap, calon alumni FTS UNAS dapat menjadi lulusan yang berguna di masyarakat dan terus menjaga nama baik almamater kampus. “Semoga kelak kalian mendapatkan pekerjaan sesuai yang kalian harapkan dan ilmu yang kalian dapatkan berguna dan bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat,” tutupnya.

Puncak dari kegiatan yang berlangsung di Aula Blok 1 Lantai 4 UNAS ini yaitu pembekalan oleh Ir. Benny Yulzardi Alizar, MM selaku dosen Teknik Elektro UNAS. Dalam presentasinya yang berjudul “Whats Next” , dia memaparkan mengenai apa yang harus dilakukan oleh calon wisudawan dan wisudawati setelah lulus nanti.

Menurutnya, 80 persen calon wisudawan dan wisudawati setelah lulus nanti akan mencari pekerjaan. Oleh karena itu, penting bagi mereka untuk memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, “Kemampuan berkomunikasi itu penting. Kalian juga harus memiliki diferensiasi dalam diri, apa yang membedakan kalian dengan orang lain. Apakah kalian akan menjadi The Best, The First, atau The One. Jika kalian dapat memiliki salah satu dari ini maka kalian bisa sukses,” tutupnya.

Kegiatan yang berlangsung pada pukul 09.00 WIB-12.00 WIB ini diikuti oleh 64 calon wisudawan dan wisudawati yang terdiri dari 12 wisudawan dari program studi Teknik Fisika, 9 wisudawan dari program studi Teknik Mesin, 6 wisudawan dari program studi Teknik Elektro dan 37 wisudawan dari program studi Fisika.

Sebagai bentuk apresiasi, FTS memberikan sertifikat kepada mahasiswa-mahasiswa terbaik disetiap program studi diantaranya, Ige Pramaystya dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) : 3,66 dari Program Studi Teknik Elektro, Bima Rizky Saputra dengan IPK : 3,33 dari Program Studi Teknik Mesin, Rio Ilmannur dengan IPK : 3,67 dari Program Studi Fisika, serta kepada mahasiswa dan wisudawan terbaik Sandy Rachmat Wicaksono dengan IPK : 3,78 dari Program Studi Teknik Fisika.

Turut hadir dalam kegiatan ini yaitu Dekan Fakultas Teknik dan Sains, Basori S.T., MT. Wakil Dekan FTS Novi Azman, ST., MT., Ketua Panita Heni Jusuf, S.Kom., M.Kom., Kaprodi Teknik Elektro Fathoni, ST., MT., Kaprodi Teknik Mesin Asmawi, ST., MT., Kaprodi Fisika Purwantiningsih, S.Si., M.Sc., Kaprodi Teknik Fisika Fitria Hidayanti, S.Si., M.Si.serta para dosen dari Fakultas Teknik dan Sains Universitas Nasional.